Cara Membatalkan Permintaan Pertemanan (Friend Request) Di Facebook

Cara Membatalkan Permintaan Pertemanan (Friend Request) Di facebook

Pernah mendengar istilah “Bertepuk sebelah tangan”? Pasti dong. Artinya juga rasanya hampir semua tahu, yaitu bahwa niat seseorang tidak mendapatkan respon atau tanggapan dari pihak lainnya. Pepatah ini kerap dipergunakan dalam hubungan asmara dimana rasa cinta seseorang tidak ditanggapi oleh pihak yang dicinta.

Tetapi, pepatah itu sebenarnya juga terjadi di dunia maya, tepatnya di salah satu media sosial populer di Indonesia, Facebook.

Aplikasi media sosial ini menyediakan fitur permintaan pertemanan (friend request) dari seseorang atau sese-akun kepada akun lainnya. Dan, rupanya, meskipun orang Indonesia sangat suka berteman, tidak semua orang berpandangan begitu. Banyak yang mengalami permintaan pertemanan mereka “digantung” alias diterima tidak, ditolak juga tidak.

Hasilnya, sangat bisa jadi menyebalkan bagi sang pengirim. Di dashboard akun mereka friend request mereka akan tetap pending tanpa kejelasan. Bisa bikin sakit hati bagi yang baperan.

Yang lebih menyebalkan lagi bagi mereka yang mengelola online shop atau pedagang dunia maya. Pertemanan merupakan salah satu cara mereka mempromosikan barang dagangannya dan agar posting mereka bisa tampil di beranda orang-orang yang menjadi teman. Tanpa persetujuan pertemanan mereka tidak bisa melakukan hal ini.

Yang bikin betenya lagi adalah kalau ternyata kuota permintaan pertemanan sudah habis alias mencapai maksimum. Jangan salah juga, FB membatasi friend request pada angka 1000 buah dan tidak boleh lebih.

Baca juga : Berapa Batas Permintaan Pertemanan Di Facebook ?

Hasilnya, mereka pasti terhambat untuk mengirimkan ke orang lain dna hanya bisa menunggu ada permintaan yang disetujui (diapprove).

Sebenarnya ada cara untuk membatalkan permintaan pertemanan yang tidak kunjung disetujui pihak yang bersangkutan.

Caranya mudah, hanya harus dilakukan lewat desktop atau notebook. Aplikasi FB di Android tidak menyediakan fitur pembatalan permintaan pertemanan (friend request).

Silakan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :

  • Buka browser di komputer Anda (Firefox, Chrome, atau yang lainnya)
  • ketikkan https://facebook.com
  • Login dengan akun dan password Anda
  • Setelah masuk ke halaman akun Anda, lihat di bilah atas, yaitu pada bagian “pertemanan” atau friends”. Lihat di bawah ini

Cara Membatalkan Permintaan Pertemanan (Friend Request) Di Facebook

  • Klik “Find Friends”

Cara Membatalkan Permintaan Pertemanan (Friend Request) Di Facebook

  • Klik “View Sent Request” di sudut kiri atas dan di layar akan tampil semua permintaan pertemanan yang sudah dikirimkan dan belum diterima

  • Arahkan kursor ke kata “Friend request sent” dan akan tampil layar pop-up berisikan menu opsi tindakan seperti di bawah ini

Cara Membatalkan Permintaan Pertemanan (Friend Request) Di Facebook

  • Pilih “Cancel request” dan permintaan pertemanan dibatalkan
  • Selesai

Nah, fitur ini tidak sulit untuk melakukannya. Hanya saja, bagi yang sudah terlanjur mengirimkan permintaan pertemanan dalam jumlah banyak, situasinya bisa merepotkan juga.

Pembatalan permintaan pertemanan harus dilakukan satu persatu. Tidak ada cara untuk membatalkan sekaligus banyak. Jadi, cukup melelahkan juga untuk melakukannya.

Oleh karena itu, ada baiknya kalau mengirimkan friend request di Facebook, jangan sekaligus banyak. Cukup maksmium 10 dulu, tunggu beberapa hari, dan kalau tidak diterima langsung dibatalkan saja supaya tidak menumpuk.

Cuma, kalau memang punya waktu banyak dan jari yang kuat boleh-boleh saja sih.

Terserah Anda saja.

Sharing is caring!