Patung Horus : Dewa Elang Penguasa Angkasa

Patung Horus si Dewa Elang Penguasa Angkasa

Dalam kebudayaan Mesir Kuno, jauh sebelum Islam lahir di dunia, hewan memegang peranan penting dalam berbagai tradisinya. Banyak dewa sesembahan masyarakat di kala itu mengambil wujud hewan, seperti Anubis yang berkepala anjing atau Horus, yang berkepala elang.

Salah satu peninggalan yang memperlihatkan hal itu ada di Kuil Edfu yang kerap disebut juga dengan Kuil Horus. Hal itu bisa terjadi karena memang bangunan ini dipergunakan untuk pemujaan terhada si Dewa Elang Horus.

Selain dari catatan tertulis yang ditemukan, keberadaan banyaknya patung sosok elang/rajawali di dalam kuil yang dibangun antar 235-57 Sebelum Masehi itu memperkuat teori kegunaan dari kuil tersebut dan siapa yang disembah di sana.

Dalam mitologi Mesir, Horus merupakan anak dari Osiris dan Isis, serta memiliki paman Seth. Ia memiliki saudara, yaitu Anubis, dewa berkepala anjing dan Bast/Bastet, dewi berkepala kucing. Juga, selain terkenal sebagai dewa angkasa, Horus juga kerap dianggap sebagai dewa pelindung dan dewa perang.

Leave a Comment