Menonton Acara TV Tanpa Subtitle Membantu Belajar Bahasa Asing

Menonton acara TV tanpa subtitle membantu menguasai bahasa asing
Ilustrasi

Belajar bahasa asing, apapun itu, Inggris, Arab, Belanda, Jepang, memerlukan yang namanya konsistensi. Pembelajaran tidak bisa hanya dilakukan di ruang kelas saja, tetapi harus juga dilakukan terus menerus di setiap kesempatan. Tanpa itu, skill berbahasa asing tidak bisa terbangun dengan sempurna.

Hambatan utamanya adalah menemukan “ruang” atau kesempatan untuk mempraktekkan apa yang sudah diajarkan dalam kelas di kehidupan sehari-hari. Tidak banyak kesempatan untuk itu karena tentunya lingkungan dimana kita tinggal bukanlah masyarakat yang menggunakan bahasa yang sedang dipelajari.

Meskipun demikian, sebagian dari kebiasaan dalam keseharian sebenarnya membuka kesempatan untuk terus berlatih, bahkan ketika kita tidak berada di dalam kelas. Yang diperlukan hanyalah kemauan dan sedikit kreativitas saja, maka kita bisa memiliki sebuah “ruang kelas” untuk melanjutkan proses belajar bahasa asing.

Salah satu yang sangat dianjurkan, terutama bagi yang sedang belajar berbahasa Inggris adalah dengan menonton acara TV tanpa subtitle, alias teks terjemahan.

Pertelevisian Indonesia banyak sekali diisi dengan acara yang menggunakan bahasa asing, seperti film-film Barat. Belum lagi reality show dan berbagai acara lainnya.

Menonton acara-acara seperti ini bisa membantu sekali dalam belajar bahasa asing.

Caranya, jangan melihat subtitle atau teks terjemahannya. Andalkan pada telinga Anda untuk berusaha menangkap percakapan yang ada dalam acara tersebut.

Proses ini tidak ada bedanya dengan tahap “Listening” atau mendengarkan di berbagai fakultas atau kursus yang mengajarkan bahasa asing. Siswa akan diajak menonton sebuah film sederhana dimana para aktor dan aktrisnya akan melakukan peran dengan mempergunakan bahasa yang diajarkan.

Siswa dalam kelas seperti ini akan menonton, mendengarkan, dan kemudian diminta untuk mengulangi percakapan yang terjadi dari yang mereka lihat.

Tahap ini akan selalu ada saat belajar bahasa asing karena untuk bisa berbicara, seorang manusia harus juga bisa mendengar dan mengerti apa yang disampaikan. Barulah setelah itu ia bisa merespon dengan ucapan atau jawaban yang tepat.

Jadi, mengapa tidak lakukan sendiri saja di rumah. Belajar dengan cara seperti ini tidak selalu memerlukan ruang kelas dan bisa dilakukan.

Keuntungan menonton acara TV asing tanpa teks terjemahan adalah telinga kita lama kelamaan akan terbiasa. Pertama kali memang susah dan terasa menyebalkan karena kita tidak bisa mengerti jalan cerita dalam film atau acara tersebut.

Tetapi, setelah beberapa kali dilakukan, perlahan tetapi pasti, telinga kita akan beradaptasi dengan logat dan suara di dalamnya. Kata dan kalimat akan terdengar lebih jelas dari saat pertama kali.

Telinga kita akan menjadi terlatih menangkap pembicaraan dalam bahasa acara tersebut.

Coba saja sendiri

  • pilih acara TV, film atau apapun dalam bahasa yang sedang dipelajari
  • kalau ada fitur non aktifkan subtitle, pergunakan, tetapi kalau tidak, biasakan mata untuk tidak melihat teks terjemahan
  • kalau perlu pergunakan earphone
  • tonton dan dengarkan, jangan ragu untuk mengulangi film tersebut kalau dirasa perlu
  • Lakukan rutin selama satu bulan terus menerus

Pada akhirnya Anda akan merasa bahwa pendengaran Anda akan terbiasa dengan bahasa asing tersebut.

Begitulah salah satu cara yang saya pakai dalam belajar bahasa Inggris. Saya justru menyukai film yang tidak ada subtitlenya karena dengan begitu saya dipaksa untuk mendengarkan percakapan dalam film tersebut bukan terpaku pada subtitlenya.