Kukeri : Tradisi Mengusir Setan A la Bulgaria

Kukeri Tradisi Mengusir Setan Di Bulgari
Kukeri di Bulgaria

Setan dan roh jahat pengganggu kehidupan manusia ada di mana-mana. Bukan hanya Indonesia saja.

Oleh karena itu tradisi mengusir setan dan roh jahat juga bisa ditemukan di berbagai pelosok dunia dan biasanya dilakukan dengan berbagai cara yang terkadang menarik untuk diamati.

Di Bulgaria, sebuah negara di Eropa Timur, di sana masyarakatnya akrab dengan festival KUKERI yang diadakan antara Tahun Baru dan sebelum Lent.

Keunikan dari festival ini adalah setan diusir dengan cara karnaval dan parade oleh pria dan wanita yang mengenakan kostum yang menakutkan. Pesertanya akan memakai baju panjang dan menutup seluruh tubuh dan juga menggunakan topeng kayu yang tidak kalah menyeramkan.

Di bagian pinggang peserta akan mengaitkan lonceng dan menimbulkan suara yang dianggap dapat menjauhkan roh jahat.

Selama karnaval, para peserta akan berjalan sambil menari mengelilingi sebuah area. Harapannya tentu saja, roh jahat menjauh dan desa tersebut akan mendapatkan panen berlimpah, makmur, dan penduduknya sehat wal’afiat.

Benar atau tidaknya para setan dan roh jahat menyingkir karena festival ini jelas susah dibuktikan. Juga, masih ada kemungkinan mereka justru tertarik berkumpul disana karena banyak yang menyerupai mereka.

Iya kan?

Sharing is caring!