35 Fakta Tentang Mongolia : Tanah Leluhur Jengis Khan Dan Es Krim

Fakta Tentang Mongolia : Tanah Leluhur Jengis Khan Dan Es Krim

Mongolia, nama sebuah negara yang terletak antara Rusia dan Cina akan selalu membawa alam pikiran kita ke dua nama terkenal yang mempengaruhi jalannya sejarah dunia, yaitu Jengis Khan dan Kubilai Khan.

Nama yang terakhir tercatat dalam buku sejarah Indonesia karena pernah mengirimkan utusan bernama Meng Qi meminta Kerajaan Singasari untuk takluk. Sejarah mencatat utusan tersebut kemudian dirusak wajahnya oleh Raja Kertanegara sebagai bentuk penolakan.

Nama yang pertama merupakan kakek dari Kubilai Khan dan menjadi terkenal namanya ketika ia dan pasukannya menaklukan wilayah yang sangat luas. Wilayah yang berhasil ditaklukan olehnya berujung di laut Jepang sampai ke Eropa.

Kedua nama itu memang berasal dari Mongolia, meskipun demikian, Mongolia saat ini tidak sebesar di masa lalu. Negara ini hanya meliputi kawasan yang dulu dikenal sebagai Mongolia Luar (Outer Mongolia), sedangkan Mongolia Dalam (Inner Mongolia) merupakan wilayah otonomi dari negara lain, yaitu Repubik Rakyat Tiongkok (Repubik Rakyat Cina).

Ada banyak fakta yang menarik dari negeri yang satu ini, sebagian bisa dilihat di bawah ini :

1. Es Krim :

makanan favorit di seluruh dunia ini memang diyakini ditemukan di Mongolia. Di masa lalu, kehidupan nomaden di Mongolia membuat setiap orang perlu membawa perbekalan agar tetap bertahan hidup. Salah satu bekal yang sering dibawa adalah susu kuda dalam kantung yang terbuat dari usus hewan. Suhu dingin di wilayah ini yang rata-rata di bawah nol derajat ditambah dengan guncangan saat berkuda membuat susu bekal tadi berubah menjadi krim yang membeku.

Itulah teori umum tentang asal muasal lahirnya es krim

2. Tanah Langit Biru

Kata Mongolia sering diasosiasikan dan diterjemahkan sebagai Tanah Langit Biru. Hal itu disebabkan karena selama 260 hari dalam setahun, matahari akan bersinar terang di Mongolia

3. Pahlawan Merah :

Ibukota Mongolia saat ini adalah Ulanbataar atau Ulan Bator. Nama ini berasal dari bahasa Mongol Ulayanbayatur yang artinya Pahlawan Merah

4. Kepadatan Penduduk Terendah Di Dunia

Dengan luas lebih dari 1,5 juta kilometer persegi dan penduduk hanya 3,2 juta jiwa saja, Mongolia memiliki kepadatan penduduk terendah di dunia. Untuk setiap kilometer persegi hanya ada 1,95 orang yang menghuninya

5. Lebih Banyak Kuda Dan Biri-Biri Dari Manusia

Tercatat rasio kuda bila dibandingkan dengan manusia adalah 13 : 1. Sedangkan domba sebanyak 35 : 1

6. Ibukota berpindah 28 kali

Ulan Bator, ibukota Mongolia pertama kali dibangun tahun 1639, sebagai biara bergerak. Tercatat sejak berdiri sudah berpindah tempat 28 kali sebelum kemudian menetap secara permanen di lokasinya sekarang, antara sungai Tuul dan Selbe sejak 1778

Fakta Tentang Mongolia : Tanah Leluhur Jengis Khan Dan Es Krim

7. Jengis Khan Bukan Nama

Buku sejarah lebih sering mencatat pemimpin Mongol abad ke-12 yang terkenal kejam ini dengan gelarnya dan bukan nama aslinya. Jengis Khan bukanlah nama orangnya, tetapi gelar yang disematkan setelah yang bersangkutan berhasil menyatukan semua suku yang ada di Mongol.

Jengis Khan berarti Raja Samudera atau Raja Alam Semesta.

Nama aslinya adalah Temüjin, yang bisa diartikan sebagai Pandai Besi

8. Macan Tutul Salju 

Macan tutul salju atau Panthera Uncia merupakan hewan asli Mongolia. Satu pertiga dari populasi satwa ini ada di Mongolia.

9.  Mongolian Beef Bukan Dari Mongolia

Salah satu kuliner terkenal di dunia adalah Mongolian Beef atau Daging Dapi Mongolia. Masakan ini sebenarnya hanya mendompleng nama saja dan daging sapinya bukan benar-benar dari Mongolia.

Kuliner ini lahir di Taiwan.

10. Airag adalah minuman khas Mongolia yang terbuat dari susu kuda yang difermentasi

11.  Buuz adalah makanan nasional Mongolia yang dimakan sepanjang tahun. Kuliner menyerupai siomay ini berisi daging domba atau sapi yang diberi bawang/bawang putih

12. Bandara Internasional hanya ada satu di Mongolia, Chinggis Khaan, meskipun secara total ada 26 bandara disana

13. Mongolia merupakan salah satu dari negara tertinggi di dunia. Rata-rata dataran di negara ini berada di ketinggian hampir 1,6 kilometer dari permukaan laut.

14. Ger adalah nama tenda yang dipergunakan oleh orang Mongolia. Nama ini berarti “rumah” dalam bahasa Mongolia

Fakta Tentang Mongolia : Tanah Leluhur Jengis Khan Dan Es Krim
Ger

15. Berjabat tangan juga dikenal dalam kebudayaan Mongolia. Bedanya adalah kalau umumnya dilakukan saat bertemu atau berkenalan, berjabat tangan di negara ini adalah untuk meminta maaf

16. Pintu Ger adalah kompas alami karena selalu menghadap ke arah Selatan. Hal ini dilakukan untuk melindungi penghuninya dari kerasnya angin yang datang dari arah Utara. Oleh karena itu, untuk menentukan arah jika tersesat di sana, tidak perlu kompas dan cukup dengan melihat Ger untuk menentukan Utara atau Selatan

17. Nadaam adalah sejenis pesta olahraga yang diadakan setiap bulan Juli di Mongolia. Pesta olahraga ini hanya mempertandingkan tiga jenis olahraga saja, panahan, balap kuda, dan gulat

18. Ulan Bator, ibukota Mongolia, sebelumnya bernama Urga yang merupakan pengucapan dalam bahasa Rusia untuk kata örgöö dalam bahasa Mongolia yang berarti “Rumah Orang Penting”

19. Makam Jengis Khan masih merupakan misteri sampai sekarang. Sejarah mencatat bahwa orang besar tersebut meninggal tahun 1227, tetapi hingga saat ini tidak diketahui dimana pemakamannya. Banyak yang menduga bahwa ia dimakamkan di wilayah Khentii Aimag.

Ada sebuah legenda yang berkembang terkait makam raja diraja Mongol ini. Lebih dari 2000 orang menghadiri pemakamannya, tetapi semua yang menghadirnya tewas akibat bunuh diri atau dibunuh oleh para pengawal. Ketika makam selesai, mereka yang mengerjakannya juga dibunuh oleh para pengawal yang kemudian bunuh diri untuk menjaga kerahasiaan makam tersebut.

20. Unta bukan hanya di jazirah Arab saja, buktinya Mongolia punya satu spesies unta asli kawasan tersebut, yaitu Unta Bactrian (Camelus Ferus). Untuk ini memiliki dua punuk yang berbeda dengan unta di kawasan padang pasir lainnya 

21. Hotel pertama di Mongolia adalah Hotel Ulan Batӧr yang dibangun tahun 1961 dan merupakan bangunan pertama disana yang diperlengkapi dengan saluran air panas dan dingin.

Sumber foto : wikimedia commons


22. Takhi adalah nama spesies kuda asli dari Mongolia. Hewan ini uni karena memiliki 66 kromosom yang berarti jumlahnya hampir 2 kali lipat spesies lainnya. Kuda ini sering disebut sebagai kuda liar yang tersisa di dunia karena tidak pernah diternakkan.

23.  Setengah jumlah penduduk Mongolia tinggal di ibukota Ulan Batӧr

24. Gelar “Ibu Yang Mulia” (The Glorious Motherhood) disematkan pada para wanita yang memiliki anak lebih dari 4 orang. Gelar ini terbagi dua, “Ibu Yang Mulia” Kelas Satu jika anak yang dimilikinya 6 orang dan Kelas Dua untuk yang memiliki 4 orang anak. Penghargaan ini diberikan sejak tahun 1950. Selain gelar para wanita tersebut diberikan hadiah uang.

25. Taman Nasional tertua di dunia ada di Mongolia, yaitu Taman Nasional Bogd Khan Uul yang dibangun tahun 1778. Lokasinya berada di Selatan Ulan Bator

26. Gurun Gobi yang sebagian besar terletak di Mongolia merupakan gurun terluas kedua di Asia dan ke-5 dunia

27. Gulat adalah olahraga paling populer di Mongolia, setiap tahun dalam Festival Nadaam, pertandingan gulat Mongolia melibatkan jumlah besar peserta. Rata-rata setiap tahun 512 orang akan ikut dalam kompetisi selama 2 hari penuh dan 9 babak. Pada hari peringatan spesial, jumlahnya kerap menjadi 1024

28. Pemenang kompetisi gulat tahunan akan diberi gelar Arslan (Singa), runner-up (juara kedua) diberi gelar dzan (gajah), dan pemenang ketiga diberi gelar nachin (Elang). Memenangkan kompetisi gulat dua tahun berturut-turut akan memberikan seseorang gelar avrag (raksasa/titan)

29. Wanita tidak diperkenankan ikut dalam kompetisi gulat Mongolia. Hanya pria yang diperbolehkan berpartisipasi. 

30. Meski bergabung dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa sejak tahun 1961, Mongolia tidak diakui sebagai negara oleh Amerika Serikat dan 100 negara lainnya sampai dengan tahun 1987

31. Jasa pos, Pony Express, pengantaran surat dengan berkuda diperkenalkan oleh Khubilai Khan, cucu dari Jengis Khan 1000 tahun yang lalu. Layanan ini masih terus berlangsung hingga tahun 1949. Seorang kurir akan berkuda ratusan kilometer nonstop dalam satu kali perjalanan

32. Pembantaian Merv merupakan bukti kekejaman Jengis Khan. Kota di Persia tersebut luluh lantak dan puluhan ribu orang dibantai. Jengis Khan hanya menyisakan 400 seniman karena dianggap penting. Dalam peristiwa ini jumlah korban bervariasi, ada yang menyebutkan puluhan ribu, ratusan ribu, sampai 1 juta orang

33. Kehidupan nomaden masih banyak dilakukan orang Mongolia. Meski sudah semakin modern dan 1/2 dari jumlah penduduk tinggal di ibukota, masih banyak anggota masyarakat yang tetap tinggal di Ger dan berpindah-pindah lokasi untuk mencari padang rumput bagi ternak mereka

34. Fosil dinosaurus banyak ditemukan di Mongolia, terutama di kawasan Gurun Gobi. Oleh karena itu, banyak pencarian arkeologi terkait dengan kehidupan hewan tersebut dilakukan di negara ini. Paling tidak sisa-sisa 80 genus dinosaurus ditemukan pada 60 situs penggalian

35. Agama yang paling banyak dianut di Mongolia adalah Lamaism, yaitu salah satu sekte agama Budha Tibet dengan pemimpinnya seorang Lama. Lamaism diperkenalkan pada abad ke-16 oleh Althan Khan dan bahkan gelar Dalai Lama diberikan pertama kali olehnya kepada pemimpin sekte ini.

Menarik bukan?

Sharing is caring!

4 thoughts on “35 Fakta Tentang Mongolia : Tanah Leluhur Jengis Khan Dan Es Krim”

  1. baru tau kalau jengis khan bukan nama orang.
    selama ini aku berpikirnya dia adalah nama seorang penguasa di mongolia

  2. menarik fakta2nyaa… trutama aku takjub pas tau kalo kuburan Jengis khan tidak diketahui sampe skr, bahkan semua tamu yg hadir dan semua yg berhubungan dengan makamnya jadi dibunuh ato bunuh diri :O

    dan tentang utusan kubilai khan yang dirusak wajahnya ama raja kartanegara, aku malah jd mau tau cerita sejarah lengkapnya mas :). penasaran apa yg dilakuin ama kubilai khan begtu tau utusannya ditolak. pelajaran sejarahku banyak yg lupa memang..

    Karena aku suka traveling sbnrnya MOngolia udah lama dalam bucket listku, terlebih pas msh kuliah di penang, ada 2 foreign students yang asalnya dari mongolia. aku slalu suka denger cerita2 mereka ttg gimana dinginnya mongolia di saat winter, bahkan bisa minus 20 ke bawah.

    Aku juga seneng denger kedua temenku itu kalo ngomong krn bahasanya unik, lebih mirip ke rusia daripada china ;p.. eh btw, 2 orang students ini selalu marah kalo disangkut pautin dengan China hahahaha. mereka lebih suka dianggab sekutu rusia drpd china 😀 . Kayanya ini ada kaitan ama Dalai Lama juga kalo denger dia cerita waktu itu. aku agak lupa, secara udah lama pas zaman2 aku msh kuliah mas

    dan sampe skr, traveling ke Mongolia aja blm jadi2 di lakuin 😀

    • Nah, mbak Fanny jalan-jalan dong kesana, nanti ceritain di blognya. Hahaha.. aku kan sering main kesana, cuma sebagai jelangkung dan nggak ninggalin jejak.

      Berdasarkan buku sejarah yang aku baca, si Kubilai Khan mengirimkan pasukan perang setelah itu cuma kena badai, jadi nggak pernah nyampe ke Indonesia.

      Iya kan kalau berdasarkan yang kubaca juga, kepercayaan penduduk Mongolia berkaitan dengan Dalai lama, jadi rasanya memang wajar kalau mereka merasa sebal dengan Cina.

Comments are closed.