Balut : Butuh Perut Yang Kuat Untuk Bisa Makan Kuliner Tradisional Filipina Yang Satu Ini

Balut ; Sumber Foto Wikimedia Commons

Tidak akan mudah bagi banyak orang untuk bisa mencicipi kuliner khas negara tetangga Indonesia, Filipina. Makanan yang satu ini sangat populer disana dan bahkan kemanapun Filipinos (orang Filipina) pergi, salah satu yang mereka kangeni adalah Balut.

Tetapi, bagi orang yang tidak biasa pasti agak sulit untuk menelannya.

Balut adalah makanan yang berupa telur bebek rebus, tetapi bukan sembarang telur rebus. Telur yang satu ini merupakan telur yang sudah dibuahi, alias sudah menjadi embrio sebelum kemudian direbus dalamair.

Biasanya embrio yang ada di dalamnya sudah berumur 14-21 hari alias hampir berbentuk menjadi anak bebek.

Jadi, tidak heran begitu cangkang telurnya dibuka, maka sangat mungkin akan terlihat bagian-bagian dari anak bebek, seperti mata, kaki, sayap, dan bahkan bulu.

Makanan ini kerap dipandang sebagai obat kuat untuk kaum pria.

Bagi yang pernah merasakan, kaldu atau cairan dalam Balut akan terasa gurih dan sudah sewajarnya karena mengandung protein yang cukup tinggi. Juga, tulang atau bagian-bagian dari embrio yang sudah terbentuk di dalamnya masih sangat lunak sehingga bisa langsung dikunyah atau ditelan.

Meskipun demikian, banyak yang pada akhirnya tidak mampu menelannya karena merasa jijik atau tidak nyaman dengan wujud kuliner tradisional Filipina.

Bagi masyarakat Filipina sendiri, justru mereka sangat menyukainya dan bukan hanya direbus, terkadang balut dijadikan campuran bagi makanan lain, dan bahkan kue kering.

Makanan sejenis juga terdapat di Vietnam, Kamboja, Thailanda dengan nama yang berbeda.

Sharing is caring!