Escamole : Ketika Telur Dan Larva Semut Jadi Santapan Mahal

Escamole : Ketika Telur Dan Larva Semut Jadi Santapan
Escamole – Sumber Foto Wikimedia Commons

Mexico, sebuah negara di Amerika Tengah, terkenal dengan masyarakatnya yang menyukai rasa pedas. Banyak jenis kuliner dari negara tersebut yang menggunakan berbagai bumbu dan racikan untuk memberikan sensasi rasa pedas dalam berbagai masakannya.

Tapi, pernahkah terbayang ada salah satu jenis kuliner pedas mereka yang terbuat dari bahan yang unik ?

Namanya Escamole (baca ; es-ka-mo-leh). Makanan ini merupakan salah sau jenis kuliner tradisional di negara Sombrero itu dan sudah dikenal sejak aman Aztec dan masih dikonsumsi hingga sekarang, terutama di sekitar Mexico Ciy.

Disebut unik karena bahan bagi makanan ini adalah telur dan larva semut. Jenis semut darimana bahan itu berasal adalah Liometopum apiculatum yang mirip dengan semut rang-rang di Indonesia.


Escamole : Ketika Telur Dan Larva Semut Jadi Santapan
Liometopum apiculatum – Sumbr Foto Wikimedia Commons

Variasi dari Escamole beragam. Bisa sebagai makanan yang disajikan sendiri dengan berbagai racikan bahan lainnya, tetapi bisa juga menjadi sekedar topping buat masakan lain, termasuk burrito, makanan khas Mexico.



Mereka yang pernah merasakannya mengatakan rasanya enyah dan, tentunya, agak pedas. Sesuatu yang tidak aneh mengingat adanya formid acid.



Makanan yang terbuat dari Escamole sendiri tidak akan ditemukan setiap waktu. Perburuan terhadap telur dan larva semut ini hanya dilakukan sekitar Februari dan April setiap tahunnya. Juga, semut bisa menjadi lawan yang berbahaya jika sarangnya diganggu.

 Baca juga :  Chaprah : Sambal Semut Merah Ala Chhattisgarh (India)



Tidak heran kalau makanan yang satu ini tidak dijual murah mengingat kesulitan dan bahaya untuk mendapatkannya.

Berani coba?


 

Sharing is caring!