Kota Batman Bukan Gotham Atau Arkham City

Kota Batman Bukan Gotham Atau Arkham City

Kalau mendengar kata “Kota Batman”, apa yang akan muncul di kepala Anda kemudian?

Gotham City? Sebuah kota entah di benua mana yang begitu penuh kejahatan sehingga membutuhkan kehadiran tokoh Manusia Kelelawar Batman seperti dalam berbagai film? Ataukah, Arkham City? Yang kalau Anda menyebutkannya berarti Anda seorang gamer.

Yang pasti bukan keduanya.

Bukan kedua nama itu.

Kota Batman adalah nama sebuah kota di Turki, tepatnya di wilayah Tenggara Anatolia. Luasnya sekitar 564 kilometer persegi dan terletak di propinsi bernama sama, yaitu propinsi Batman.Kota ini berjarak 1.095 kilometer dari ibukota Turki, Ankara.

Kota Batman Bukan Gotham Atau Arkham City
Sumber Foto : Amusing Planet

Nama Kota Batman sendiri diambil dari nama sungai yang melintasi kawasan tersebut dan merupakan pembentuk sungai utama Tigris. Sungai tersebut pada awalnya bernama Nhympius atau Kalat yang berarti “pengantin”. Pada abad ke-19 nama Batman mulai disematkan pada sungai tersebut.

Kota Batman pada tahun 1950-an hanyalah sebuah desa berpenghuni 3000 orang yang kemudian karena ditemukan sumur minyak di wilayah itu berkembang menjadi kota. Pada tahun 1957 barulah kemudian desa yang menjadi kota ini diberi nama sesuai nama sungainya, yaitu Kota Batman.

Kota Batman Bukan Gotham Atau Arkham City
Kota Batman – Sumber Wikimedia Common Public Domain

Kota ini sekarang berpopulasi 381 ribu orang serta memiliki lapangan udara dan pangkalan militer yang pernah dipergunakan dalam Perang Teluk di tahun 1991-1993.

Jadi, kalau sedang bermain ke Turki, ketika ada yang menyebutkan nama Kota Batman, jangan langsung terbayang superhero manusia bertopeng kelelawar. Sangat mungkin penduduk disana bukan sedang tergila-gila pada Batman, tetapi sedang membicarakan sebuah kota di negaranya,

Sharing is caring!