Bisakah Bisnis Modal Kecil Mendapatkan Untung Besar ?

Bisakah Bisnis Modal Kecil Mendapatkan Untung Besar ?

Bisakah? Sebuah bisnis modal kecil mendatangkan untung besar? Banyak sekali orang yang ragu bahwa sebuah usaha bisa mendatangkan keuntungan besar tanpa melibatkan modal yang besar juga.

Tidak sedikit yang kemudian memutuskan untuk tidak melanjutkan rencananya menjadi usahawan karena khawatir modal yang dipunya tidak cukup untuk menghasilkan keuntungan yang diharapkan.

Padahal, sebenarnya, kenyataan dan fakta menunjukkan bahwa sebuah bisnis dengan modal yang kecil sekalipun bisa membuat penanam modalnya kaya raya.

Sejarah mencatat Steve Jobs, pendiri Apple produsen iPhone/iPad, memulai usaha dengan modal tidak seberapa besar. Ia bahkan harus memulainya dengan memanfaatkan garasi di rumahnya sebagai tempat kerja.

Sebut lagi Microsoft yang tidak dibangun langsung dalam ukuran besar. Bill Gates mendirikannya dengan modal terbatas setelah gagal dengan Traf-o-data.

Itu hanyalah segelintir contoh dari sebuah bisnis modal kecil yang kemudian berkembang menjadi raksasa dengan keuntungan maha besar dan bahkan sulit dihitung dengan kalkulator biasa.

Dan, pada dasarnya hal itu sangat dimungkinkan.

Prinsip dasar ilmu ekonomi adalah dasarnya, yaitu mengeluarkan modal sekecil-kecilnya untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.

Mungkin dan sangat mungkin terjadi.

Cuma, yang harus dicatat adalah bahwa

1. Butuh kerja keras yang luar biasa untuk menjadikan modal kecil yang ada berkembang biak menjadi besar

Steve Jobs butuh puluhan tahun kerja keras untuk bisa mendapatkan keuntungan seperti sekarang. Bukan setahun dua tahun untuk Apple Inc. menjadi seperti sekarang.

Jadi, kalau modal kita kecil, maka bersiaplah untuk menyingsingkan lengan baju dan bekerja keras dalam jangka waktu yang lama sebelum keuntungan besar bisa datang.

2. Butuh otak super kreatif

Kunci dari kesuksesan sebuah usaha, yang akan mendatangkan keuntungan besar, terletak lebih pada modal non fisik, yaitu orangnya, pengusahanya.

Meskipun hanya dibekali modal tidak besar, dengan kecerdasan dan kreatifitas otaknya, Steve Jobs bisa menghasilkan produk-produk yang disukai banyak orang.

Tidak bisa tidak.

Kekurangan di sisi modal, harus diimbangi dengan kepala yang tak henti menelurkan ide super kreatif untuk berbagai hal.

3. Butuh kesabaran dan mental tahan banting

Punya modal 10 juta rupiah dan target keuntungan 500 juta rupiah, mungkinkah ? Tetap mungkin.

Dengan catatan, modal itu harus diternakkan dan dikembangbiakkan agar menjadi besar dan kemudian bisa menghasilkan keuntungan yang ditargetkan.

Waktunya tentu akan lama karena dimulai dari kecil sekali, tetapi kalau kemudian no 1 dan 2 dilakukan dengan sungguh-sungguh, kemungkinan itu tetap akan ada.

Hanya, tidak akan terjadi dalam waktu semalam, sebulan, atau setahun.

Steve Jobs dan Bill Gates memperlihatkan hal itu dalam perjalanan kehidupan bisnis mereka. Jadi, jangan bermimpi ada lampu Aladin dalam hal ini.

Sejarah di dunia mencatat bahwa mayoritas bisnis yang sekarang besar pada awalnya adalah sebuah bisnis bermodal kecil, Steve Jobs, Bill Gates, Rupert Murdoch (juragan media), dan entah berapa banyak nama lainnya) adalah contoh dari hal tersebut.

Hanya saja, mereka kemudian berjuang dan bekerja keras untuk merubah modal kecil itu menjadi modal yang besar, sangat besar, dan kemudian menjadi raksasa.

Tidak terhitung energi, tenaga, pemikiran, yang mereka lakukan untuk bisa mewujudkan target keuntungan yang besar bagi dirinya.

Pertanyaannya, maukah Anda melakukan semua hal itu? Sebab, kebanyakan orang hanya ingin keuntungan besarnya saja, tetapi tidak mau melakukan 3 hal yang di atas tadi. Kebanyakan lebih suka bermimpi saja dan mencoba mencari cara ajaib agar cepat kaya.

Maukah?

Sharing is caring!