Hewan Pahlawan : Kata Siapa Mereka Tidak Punya Rasa Peri-Kebinatangan

Hewan Pahlawan : Kata Siapa Mereka Tidak Punya Rasa Peri-Kebinatangan

Alam liar biasanya selalu digambarkan sebagai dunia yang kejam. Yang kuat akan memangsa yang lemah dan tidak ada rasa belas kasihan di dalamnya.

Banyak yang berpandangan bahwa dunia manusia lebih baik karena ada belas kasih di dalamnya. Itulah mengapa ada istilah perikemanusiaan dalam kamus, tetapi tidak ada perikebinatangan. Binatang tidak pernah dianggap punya rasa belas kasih.

Tetapi, kenyataannya tidak demikian. Memang, hewan biasanya akan memburu yang lemah untuk dimakan agar dapat tetap hidup, tetapi disana juga ada belas kasih. Yang kuat tidak selamanya hanya memakan yang lemah, tetapi juga bisa menjadi pembela bagi yang lemah, pahlawan.

Beberapa rekaman di alam liar dalam video di bawah memperlihatkan sesuatu yang mencengangkan, ketika para “hewan pahlawan” melakukan tindakan untuk menyelamatkan nyawa yang lemah, bahkan ada yang melindungi dari kawan sebangsanya sendiri.

Ada beruang menyelamatkan gagak, babi mencegah kambing dari tenggelam, orangutan menarik anak burung dari tenggelam, sampai singa melindungi anak karibu dari singa lainnya.

Tentunya, sebuah pelajaran yang patut ditiru. Jika hewan, yang selalu dianggap tidak punya rasa kasihan, justru memperlihatkan bahwa mereka memilikinya, sudah seharusnya, manusia juga harus memilikinya.

Sharing is caring!