Hei, Ikan! Kenapa Kamu Melotot Aje?

Melihat ikan-ikan yang berenang ke sana kemari itu memang merupakan satu hal yang menyenangkan, sekaligus menenangkan. Hanya dengan mengamati ikan yang berenang di dalam akuarium saja ternyata mampu untuk menghilangkan stres. Sehingga, saat ini, banyak orang yang dengan sengaja memelihara ikan hias dengan tujuan untuk kesehatan mental.

Hei, Ikan! Kenapa Kamu Melotot Aje?
ikan mas

Tetapi, pernahkah ada terlintas suatu pertanyaan? Koq, mata ikan melotot aja, ga pernah merem? 😀 Apakah ikan ga pernah tidur? Karena, memang, sampai saat ini, saya belum pernah melihat ikan yang matanya terpejam.

Tapi, ternyata, ikan itu tidur, lho! Penjelasannya seperti di bawah ini.

Seperti makhluk hidup lainnya, ikan juga perlu tidur. Tetapi, cara tidurnya berbeda dengan kita. Hampir semua ikan tidak memiliki kelopak mata, sehinga ikan tidak dapat menutup matanya. Maskipun saat itu sedang tidur pulas. Dalam keadaan mata yang terbuka, ikan tetap bisa tidur (beristirahat utnuk memulihkan energinya).

Cara ikan beristirahat beracam-macam. Ada yang berhenti berenang dan membiarkan tubuhnya melayang-layang dalam air, seperti yang dilakukan oleh ikan tuna. Ada yang sembunyi dan diam tenang di balik terumbu karang. Ada juga yang berbaring di dasar laut, sungai, ataupun perairan lainnya.
Dan juga, Sama seperti manusia, ada ikan yang tidur di siang hari, ada juga yang tidur di malam hari.

Tapi, memang kebayang juga, ya? Kalau ikan memiliki kelopak mata, tentunya dia akan merasa perih tiap kali matanya berkedip. Kan, ikan hidupnya di dalam air. *bener begitu, ga, sih?* 😀

Sumber : Intisari, Mei 2006

Leave a Comment