Apakah Semut Akan Mati Ketika Jatuh Dari Ketinggian?

Semua pasti sudah tau serangga mungil satu ini. Serangga ini seringkali kita temukan ada di mana saja, baik ketika dia sedang sendiri ataupun ketika dia sedang berkoloni. Baik ketika ada di dalam tanah ataupun ada di puncak gedung tinggi. Tetapi, biar bagaimana pun, semut juga makhluk hidup. Dan, tentunya juga pernah jatuh, kan? 😀

Apakah Semut Akan Mati Ketika Jatuh Dari Ketinggian?
semut

Kalau kita terpeleset, seringnya keseleo. Apalagi kalau jatuh dari gedung yang tinggi, bukan keseleo lagi, tapi, yang ada tinggallah nama.

Yang jadi pertanyaan, apakah semut ketika jatuh dari gedung yang tinggi akan mati juga? 😀

Untuk menjawabnya, kayanya kita perlu memperhatikan ketika semut tersebut jatuh dari ketinggian. Karena, kita akan sukar untuk menemukan sosoknya ketika sampai di darat. ya iya, lah..:-D

Jadi, ketika semut jatuh dari ketinggian, yang perlu kita perhatikan adalah saat semut jatuh dan saat semut mendarat. Ketika jatuh, semut mengalami 2 gaya, yaitu gaya gravitasi yang mempercepat jatuhnya semut dan gaya hambat udara yang menghambat gerakan semut.

Gaya hambat udara sangat bergantung pada luas permukaan benda yang jatuh. Misalnya, sehelai kertas yang dijatuhkan pada posisi mendatar mendapat gaya ke atas yang lebih besar dibanding kertas yang digumpalkan. Untuk melihat apakah gaya ke atas yang dialami semut itu lebih besar atau lebih kecil dari gaya gravitasi, kita perhatikan gerakan semut saat jatuh.

Kalau semut terlihat bergerak dipercepat ke bawah, artinya gaya gravitasi lebih besar. Padahal ini, kemungkinan semut mati lebih besar. Namun, kalau terlihat semut turun lambat sekali, berarti gaya hambat udara hampir sama dengan gaya gravitasi. Pada saat ini, besar kemungkinan semut dapat bertahan hidup.

Hal kedua, ketika semut mendarat, kaki semut dapat ditekuk seperti pegas. Ketika mendarat, semut dapat menggunakan kakinya untuk meredam kecepatannya. Dengan demikian, semut dapat mendarat dengan mulus. Berat semut yang tak terlalu besar dapat ditahan oleh kakinya. Hal ini memberi peluang hidup semut lebih besar.

Siapa yang sudah pernah melihat semut jatuh dari ketinggian? 😀

Leave a Comment