Misteri Ayam Jantan dan Anjing Bersuara di Malam Hari

Misteri Ayam Jantan dan Anjing Bersuara di Malam Hari
misteri ayam jantan dan anjing bersuara di malam hari

Pernahkah mendengar suara-suara ayam jantan yang berkokok juga anjing yang menggonggong di tengah malam atau pagi buta?

Pernah mendengar jugakah soal anggapan tentangnya? Jika ayam atau anjing berbunyi pada jam-jam seperti itu berarti memiliki petanda sesuatu. Misalnya, anjing yang menggonggong apalagi kalau sampai terus menerus, tandanya dia tengah melihat sesuatu; hal-hal itu berkaitan dengan sesuatu yang kasat mata. Dan, apabila berbunyi di malam jumat, tentunya ketika mendengar suara seperti itu, bulu kuduk saya jadi meremang. ha..ha..

Juga ketika ayam jantan berkokok di malam hari. Biasanya, hal itu akan menjadi bahan pembicaraan ibu-ibu di kampung saya keesokan harinya. Dan, menurut masyarakat di kampung saya, kejadian seperti itu merupakan pertanda bahwa di sekitar lingkungan itu ada anak perawan yang hamil di luar nikah.

Seperti itu..

Tapi, sebenarnya, apa benar demikian?

Terlepas dari anggapan seperti itu, ada juga pendapat yang mengatakan bahwa ketika ayam dan anjing bersuara di tengah malam merupakan hal yang lumrah. Karena sebenarnya, ayam memang berkokok pada pagi, siang, maupun malam. Dengan berkokok, ayam jantan hendak menyatakan tentang keberadaan dirinya juga wilayah yang dikuasainya.. Dia juga mengumumkan kepada yang lainnya akan ayam betina yang sedang dilindunginya. Jadi, katanya, bunyi ayam berkokok itu tak berhubungan dengan waktu anggapan-anggapan lainnya tadi.

Jika ayam berkokok pada pagi hari, itu dikarenakan karena pada saat itu ayam sangat aktif. Juga, sebagai pernyataan mengenai daerah yang dikuasainya. Sedangkan ketika ayam berkokok di siang hari, itu merupakan sebuah cara ia berkomunikasi, memanggil para anggota kelompoknya untuk tetap mengumpul.

Demikian halnya dengan anjing yang menggongong. Gonggongan anjing memiliki banyak arti. Biasanya, ia menggonggong dikarenakan ada orang atau binatang asing yang mendatangi wilayahnya. Selain itu, ternyata anjing juga menggonggong ketika ia merasa kesepian, bosan, atau minta perhatian.

Kalau anjing menggonggong terus menerus di malam hari, sementara tidak ada orang atau binatang lain yang terlihat, bisa jadi itu dikarenakan karena ia merasa kesepian dan frustasi. Kita dapat melatih anjing itu untuk tidak terus menggonggong malam-malam. Salah satu caranya dengan menyiramkan air cuka di dekat tubuhnya (bukan di dekat mukanya), ketika ia mulai menggonggong.

Seperti itulah anggapan-anggapan yang berada di masyarakat tentang fenomena suara kokok ayam dan gonggong anjing di malam hari.

Sumber : Intisari, Juli 2005

Leave a Comment