Tips Membuat dan Menghias Tumpeng

Ketika kita merayakan suatu peristiwa biasanya identik dengan kedatangan tamu disertai acara makan bersama. Hidangan yang disajikan, umumnya sangat dipengaruhi oleh tradisi budaya taupun kebiasaan daerah setempat, meskipun ada juga yang bersifat modern. Nasi tumpeng dan pelengkapnya menjadi menu pilihan yangkerap hadir pada acara-acara tersebut.

Tips Membuat dan Menghias Tumpeng

Sebagai orang yang mengadakan acara, tentunya, kita menginginkan para tamu yang datang terkesan dengan hidangan yang kita suguhkan. Selain rasa, tentunya kita pun berusaha membuat penampilan dan penyajian masakan kita dapat membantu membangkitkan selera makan para tamu.

Jika hendak menyuguhkan tamu dengan nasi tumpeng, ternyata ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Sehingga, kita pun dapat menjamu tamu dengan semaksimal mungkin.

Berikut adalah tips dan cara menghias tumpeng yang saya dapat dari beberapa sumber.

Untuk membuat tumpeng berwarna kuning, usahakan warnanya kuning tajam dan tidak pudar. Untuk itu, gunakanlah kunyit tua (empu kunyit) segar, lalu parut. Saring/peras airnya agar tidak mengotori nasi. Campurkan perasan air jeruk nipis ke dalam aron, baru dikukus.

Agar nasi lebih gurih, harum, dan tidak cepat basi, didihkan dahulu santan yang akan digunakanuntuk mengaron beras. Rebus santan sampai mendidih bersama daun pandan, serai, daun jeruk, dan daun salam.

Campurkan sedikit beras ketan ke dalam nasi aron agar tumpeng tidak mudah pecah/berantakan. Cetak nasi selagi panas, lalu tekan-tekan sambil dipadatkan. Tutup tumpeng dengan daun pisang atau plastik lengket sampai saatnya disajikan. Hal ini bertujuan agar tumpeng tidak kering.

Perhatikan ukuran tumpeng dengan wadahnya. Sebaiknya, tinggi tumpeng tidak melebihi 2/3 ukuran diameter wadahnya agar tumpeng tampak proporsional.

Sedangkan, untuk menghias tumpeng ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tampil lebih semarak dan memikat. Antara lain :

Jangan lupa untuk menempatkan tumpeng dalam wadah yang besar, alasi dengan daun pisang agar terlihat mengesankan.

Beri hiasan dari buah dan sayuran yang tak cepat layu, seperti mentimun, cabai, tomat, wortel, daun selada, peterseli, daun bawang, dll. Bentuk hiasan-hiasan tersebut tidak perlu terlalu rumit. Usahakan tidak lebih menonjol dari penampilan nasi itu sendiri. Hiasi nasi dengan taburan bawang goreng, cabai, atau peterseli agar terlihat tidak terlalu polos.

Menggunakan perabot atau benda-benda yang khas sesuai tema acara juga bisa menggugah suasana. Seperti, pita dan lilin untuk acara ulang tahun, dll.

Yang terakhir adalah memanfaatkan warna. Pilihan warna yang khas juga dapat menyemarakkan acara.

Demikianlah sedikit tips yang dapat saya rangkum dari beberapa sumber. Semoga dapat membantu Anda yang akan mengadakan acara dengan menyajikan tumpeng beserta pelengkapnya.