Ternyata Seperti Ini, Lho, Kunci Kelezatan Nasi Goreng

Saat ini, kita banyak menjumpai nasi goreng dengan berbagai variasi. Bahan tambahannya pun beragam. Penggemar nasi goreng pun semakin banyak. Mengingat banyak orang yang gemar nasi goreng, sebenarnya dimana, sih, letak kelezatannya?

Ternyata, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan membuat nasi goreng agar terasa lezat dan nikmat.

Ternyata Seperti Ini, Lho, Kunci Kelezatan Nasi Goreng

Salah satu kunci utama yang membuat nasi goreng terasa lezat, adalah pada jenis nasi yang dipakai. Untuk mendapatkan nasi goreng yang enak, pilihlah nasi dari beras pera. Ciri-ciri beras pera adalah bentuknya agak pipih dan butirannya panjang. Jenis beras ini membutuhkan waktu memasak yang lebih lama. Nasi yang dihasilkan pun lebih keras dan kering.

Tetapi, bukan berarti tidak boleh memakai nasi yang pulen. Asalkan, nasinya dimasak sehari sebelumnya agar lebih kering sehingga nasi goreng tidak menggumpal. Sebelum digoreng, sebaiknya, uraikan dulu butiran-butiran nasi menggunakan garpu.

Selain dipengaruhi oleh jenis beras yang dipakai, kelezatan nasi goreng juga ditentukan oleh teknik memasaknya. Untuk mendapatkan nasi goreng yang kering, perbandingan yang tepat antara nasi dan minyak adalah 4-5 sdm minyak goreng untuk 800g nasi (dari 400 – 450g beras).

Setelah mendapatkan komposisi yang tepat, ada beberapa langkah selanjutnya yang harus diperhatikan.

Langkah pertama, panaskan wajan sampai wajan mengeluarkan asap. Tuang minyak goreng di tepi wajan dengan gerakan melingkar sehingga sisi wajan terkena minyak.

Langkah kedua, biarkan sebentar hingga minyak dalam wajan panas. Kemudian masukkan bumbu, tumis hingga harum. Setelah itu, masukkan bahan lain, seperti sayuran, ayam, udang, atau daging. Masukkan bahan berurutan. Bahan yang matangnya lama dimasukkan terlebih dahulu agar bahan yang lain tidak terlalu matang.

Langkah ketiga, setelah bumbu dan bahan-bahan lain matang, barulah masukkan nasi. Masaklah dengan api besar sampai nasi tercampur rata dengan bumbu. Kecilkan api, lalu masak kembali selama 3 – 5 menit.

Selain jenis nasi dan teknik menggoreng, bumbu juga merupakan bahan utama yang memgang peranan penting dalam menentukan kelezatan nasi goreng. Bumbu yang dipakai bisa bervariasi. Selain bumbu standar (cabai, bawang merah, bawang putih), bisa juga memakai bumbu siap pakai yang kini banyak dijual di pasaran. Atau, bisa juga memanfaatkan kelebihan bumbu masakan, seperti bumbu rendang, bumbu gulai, dll, untuk menambah kelezatan nasi goreng.

Meski bukan bahan utama, bahan isian pun akan memberikan nilai tambah dalam menentukan kelezatan nasi goreng. Bahan isi yang digunakan bisa yang sederhana, seperti telur, bakso, kol, sawi, tauge, dll. Ataupun, bisa menambahkan jenis seafood, seperti cumi, udang, atau ikan, dsb.

Yang terakhir, jangan lupa untuk menambahkan pelengkap nasi goreng. Fungsi pelengkap ini adalah untuk memberikan sesuatu yang segar dan menetralisir rasa gurih pada nasi goreng. Pelengkap yang ditambahkan bisa berupa acar wortel dan mentimun, irisan tomat atau pacri nanas. Bisa juga memberikan pelengkap berupa emping goreng, ataupun kerupuk.

Nah, bagaimana? Sudah siap membuat nasi goreng yang super lezat?

^_^