Mental Tahan Banting, Publisher Adsense Harus Punya!

Mental Tahan Banting , Publisher Adsense Harus Punya

Jatuh bangun adalah bagian dari kehidupan manusia. Tidak ada manusia yang hidupnya selalu mulus saja. Suatu saat ia pasti pernah mengalami kejatuhan.

Disinilah letak perbedaan antara orang sukses dan gagal. Yang sukses biasanya bangkit lagi setelah jatuh, sedangkan orang gagal, tidak bisa bangun dan berhenti setelah mengalami kegagalan. Intinya, orang sukses akan selalu memiliki mental tahan banting, ia tidak akan menyerah menghadapi tantangan dan selalu berusaha menemukan solusinya.

Dan, seorang publisher Adsense harus memiliki sikap mental yang sama?

Kenapa? Mari kita lihat sedikit penjelasan di bawah ini.

Apa itu Publisher Adsense?

Singkat saja, Adsense adalah divisi periklanan dari raksasa mesin pencari, Google yang bekerja sama dengan jutaan webmaster dan blogger. Mereka juga menawarkan jasa kepada pengiklan untuk menempatkan iklan dan mempromosikan produk.

Publisher Adsense sendiri adalah mereka yang telah disetujui untuk melakukan kerjasama dengan Google. Para publisher (penerbit) akan diperkenankan menayangkan iklan dari Adsense di website/blog yang mereka kelola.

Tentunya sifat kerjasamanya menguntungkan kedua belah pihak. Penerbit akan mendapatkan uang dari hasil penayangan iklan dan Google akan mendapatkan jatahnya berupa komisi.

Adsense dan publisher Adsense adalah terminologi dari “bisnis” untuk menghasilkan uang bagi kedua belah pihak.

Mengapa Publisher Adsense harus punya mental tahan banting?

Bisnis adalah kata kuncinya. Menjadi publisher Adsense adalah sebuah usaha bisnis dan bertujuan untuk menghasilkan uang.

Sayangnya, tidak ada bisnis yang lurus-lurus dan mulus saja. Di dunia ini akan selalu ada kegagalan, jatuh, rugi. Tidak ada bisnis yang selalu untung, suatu saat ia pasti pernah mengalami kerugian.

Begitupun nasib seorang publisher Adsense. Memang, banyak cerita indah kesuksesan di dalamnya, tetapi tidak terhitung jutaan kegagalan yang tidak terceritakan. Kegagalan adalah bagian dari perjalanan hidupnya.

Itulah alasan mengapa mental jatuh bangun harus ada dalam diri seorang yang memutuskan menjadi publisher Adsense. Ia suatu waktu akan mengalami kejatuhan, kerugian, kegagalan. Adsense tidak melulu tentang cerita indah keberhasilan.

Tanpa adanya kesiapan mental menghadapi situasi seperti itu, seorang publisher Adsense sudah memastikan dirinya untuk gagal.

Mengapa? Bayangkan saja

  • Ketika memulai, maka titiknya adalah titik nol dan tidak bisa diprediksi secara pasti bahwa usaha yang akan dijalankan bisa memberikan hasil atau tidak. Sebuah situasi yang tidak jarang membuat banyak orang memilih langkah mundur, kecuali yang memiliki mental tahan banting
  • Untuk mendapatkan persetujuan dan menjadi partner Adsense, seorang blogger/webmaster harus membangun dulu blognya agar layak dan mendapat persetujuan dari tim Adsense. Tidak jarang seseorang harus mengajukan permohonan sampai belasan kali dan bertahun-tahun. Kalau tidak punya mental tahan banting, hal ini bisa menyebabkan seseorang putus asa
  • Setelah mendapat persetujuan, apakah langsung uang datang? Tidak. Banyak yang bertahun-tahun bahkan tidak pernah mendapatkan uang karena kekurangan trafik pengunjung. Tanpa mental tahan banting, putus asa pasti akan hadir dan menghentikan segala usahanya
  • Kalaupun dapat uang, seringkali jumlahnya tidak mampu menutupi biaya sewa domain atau hosting. Lalu, 2 pilihan akan selalu hadir antara meneruskan atau berhenti. Mana yang dipilih akan tergantung seberapa kuat mental tahan banting yang ada di hati. Yang punya mental baja akan meneruskan, yang tidak kuat akan menutup blognya dan beralih ke hal lain
  • Pendapatan pun akan naik turun, tidak seperti gaji yang sama setiap bulan. Hari ini US$ 30, besok mungkin hanya US Cent 30. Tidak stabil namanya juga bisnis, kadang ada yang beli, kadang tidak ada
  • Trafik pengunjung tidak selalu meningkat, terkadang karena banyak hal, pengunjung malas datang dan trafik merosot, yang artinya pendapatan juga ikut menukik
  • Kalau katakanlah berhasil mendapatkan US$ 10.000 perbulan, lalu apakah tetap begitu? Tidak juga, persaingan begitu ketat di dunia maya, apalagi di masa pandemi ini. Pendapatan bisa tiba-tiba turun sampai US$ 10 saja.

Dunia publisher Adsense adalah dunia bisnis yang penuh dengan naik turun, jatuh bangun, dan perjuangan. Tidak bisa dihindarkan penuh dengan lika liku dan jatuh bangun. Berharap bahwa semua hal berjalan lancar dan mulus sesuai ekspektasi kita adalah kesalahan besar.

Jadi, kalau memang berminat mencari uang dari Adsense, satu hal yang harus dimiliki sejak awal adalah “mental tahan banting”.

Kecuali, Anda hanya ingin menjadi publisher Adsense sebagai status saja. Biar blognya kelihatan keren memasang iklan dari Google.

Pertanyakan apakah mental itu ada di dalam diri sebelum memutuskan.

Leave a Comment