Memanfaatkan Stok Foto Untuk Update Blog

Memanfaatkan Stok Foto Untuk Update Blog

Selain blogging atau ngeblog, saya juga menyukai fotografi dan sampai saat ini ada dua buah blog bertema fotografi yang saya kelola. Hobi itu terbangun bersamaan dengan perjalanan saya sebagai blogger.

Oleh karena itu, tidak heran kalau di hard disk komputer terdapat stok foto mencapai puluhan ribu yang dijepret dengan berbagai kamera, baik sekedar kamera ponsel atau DSLR. Foto-foto tersebut dipotret sejak tahun 2015 sampai saat ini dan sepertinya akan terus bertambah.

Di saat kepusingan memikirkan cara bisa menulis artikel dalam jumlah banyak dan cepat untuk blog Umum Sekali, saya berniat untuk memanfaatkan semua stok foto tersebut. Bagaimanapun, foto-foto tersebut mengandung sebuah cerita, yang meski remeh bisa dibagikan kepada orang lain.

Apalagi, berdasarkan pengalaman, sebuah foto itu unik karena mengandung ide, cerita, dan pemikiran si pemotretnya. Hal itu akan selalu membedakannya dari foto-foto buatan pemotret yang lain.

Juga, sudah beberapa kali ternyata banyak juga foto yang saya pajang di berbagai blog dipergunakan oleh website lain. Kebanyakan sih tanpa permisi dan bahkan tidak memberikan link balik, tetapi hal itu merupakan pertanda bahwa foto apapun bisa berguna dan menarik perhatian orang lain. Tidak ada bedanya dengan konten berupa teks.

Oleh karena itulah, ke depannya, banyak artikel dari Umum Sekali yang akan berlandaskan pada foto-foto hasil jepretan sendiri tersebut. Selain tentunya foto-foto yang berasal dari penyedia foto gratis berlisensi CC0 atau Public Domaindari Pexels atau Pixabay .

Kemungkinan format yang akan dipakai adalah satu foto dan deskripsi singkat berisi 100-150 kata saja.

Dengan begitu saya harapkan jumlah produksi artikel per-hari bisa meningkat lebih banyak dan dalam waktu singkat. Kalau bisa, saya ingin bisa update blog ini dengan 10-15 artikel atau lebih setiap harinya.

Dan, dengan stok foto yang banyak sama artinya dengan ketersediaan ide dalam jumlah yang banyak juga. Hal itu akan membantu sekali dalam membuat sebuah artikel pendek dan dalam waktu yang singkat.

Semoga saja bisa terealisasi karena saya berharap blog ini bisa berkembang lebih pesat dan cepat.

Maklum, saya sedang berburu “uang” dari Adsense.