Mana Yang Benar : Anak Butuh Orangtua atau Orangtua Butuh Anak?

Anak Butuh Orangtua Orangtua Butuh Anak

Pertanyaannya memang sederhana sekali, tetapi ternyata banyak sekali orang yang tidak bisa menjawabnya dengan tepat. Pertanyaan yang dimaksud adalah mana yang benar dari kedua pernyataan ini

  1. Anak butuh orangtua, atau
  2. Orangtua butuh anak

Tidak sedikit yang menjawab pilihan nomor 1 adalah jawabannya. Banyak juga yang bilang yang ke-2 sebagai yang benar.

Padahal, jawaban sebenarnya bukan keduanya. Bukan berarti keduanya salah, tetapi kalau hanya memilih satu, maka hanya 50% kebenaran yang ada di dalamnya, hanya separuhnya saja.

Jawaban yang benar adalah “anak butuh orangtua dan orangtua pun butuh anak”. Tidak bisa hanya salah satu saja.

Coba pertanyakan saja beberapa kenyataan yang sudah terbukti sebagai realita dalam kehidupan manusia.

1> Ketika pasangan suami istri menikah, salah satu tujuannya adalah untuk mendapatkan keturunan. Mereka akan berusaha dengan segala daya upaya, seperti program bayi tabung, adopsi, dan berbagai hal lain, agar mereka memiliki “anak”. Dengan begitu keluarga dan kebahagiaannya menjadi lengkap.

Tanpa anak, banyak pasangan suami istri akan merasa kurang lengkap. Lagi pula, mereka tidak akan bisa menjadi orangtua tanpa kehadiran anak. Status orangtua hanya diberikan kalau mereka memiliki anak. Kalau tidak, mereka hanya pasangan suami istri saja, bukan orangtua.

Hal ini merupakan bukti bahwa orangtua membutuhkan anak.

2> Ketika seorang anak lahir ke dunia, ia tidak memiliki kemampuan apapun. Tidak berdaya sama sekali, bahkan sekedar untuk buang air saja, ia akan memerlukan tangan orangtua untuk membantunya.

Ketika lapar pun, mereka tidak bisa memasukkan makanan ke mulutnya sendiri. Ia membutuhkan ibu atau bapak untuk membantunya agar ia bisa tetap survive atau bertahan.

Seorang anak juga memerlukan bimbingan dan perlindungan dari orangtua untuk menjaganya dari bahaya, mengajarkannya bagaimana hidup, dan berbagai hal lain.

Inilah bukti bahwa anak membutuhkan orangtua, meski peran orangtua akan mengecil ketika si anak sudah beranjak dewasa dan memiliki keluarga sendiri.

Kedua pilihan tadi adalah bagian dari sesuatu yang selama ini sebenarnya sudah diketahui bersama, yaitu manusia adalah makhluk sosial, dimana “setiap manusia akan membutuhkan manusa lain”. Manusia tidak bisa hidup sendirian.

Nah, bagaimanapun kecilnya seorang anak dia adalah manusia juga, begitupun orangtua, seberapa tuanya pun mereka tetap manusia. Keduanya akan selalu membutuhkan satu dengan lainnya. Bukan hanya satu pihak saja, tetapi keduanya saling memerlukan.

Leave a Comment