Kopi Bogor Asli Dalam Kaleng, Mau Coba?

Kopi Bogor Asli Dalam Kaleng, Mau Coba 2

Pernah dengar kopi Gayo? Kopi Sidikalang? Kopi Mandailing? Pasti sudah pernah dong. Nama-nama daerah itu memang dikenal sebagai daerah penghasil kopi di Indonesia dan oleh karena itu melekat pada beberapa jenis kopi populer di Nusantara.

Nah, sekarang pernah mendengar Kopi Bogor? Rasanya hanya sedikit saja yang mengenal, mayoritas bahkan mungkin akan nyengir karena selama ini Kota Hujan dikenal sebagai daerah penghasil talas Bogor dan bukan kopi.

Padahal, sebenarnya hal itu tidak benar. Bogor sejak zaman dahulu memiliki banyak sekali wilayah penghasil kopi. Pernah ingat Prasati Tarumanegara yang disebut juga sebagai Prasasti Kebon Kopi 1 dan 2? Tahu alasannya? Karena peninggalan bersejarah itu ditemukan di sela-sela perkebunan kopi.

Tahu tuan tanah terkaya di Bogor di masa lalu? Van Motman, ia juga memiliki perkebunan kopi yang luas sekali saat jayanya.

Bogor adalah wilayah penghasil kopi juga, sampai saat ini. Beberapa wilayah seperti Puncak II adalah penghasil kopi yang hasilnya sudah dijual di dalam negeri dan luar negeri.

Nah, salah satu kedai kopi di Bogor, Rumah Kopi Bogor mengeluarkan produk Kopi Bogor (bubuk) dalam kaleng. Berbeda dengan kopi-kopi lainnya, kopi yang dijual ini hanya mempergunakan biji kopi yang ditanam di wilayah Bogor saja.

Oleh karena itulah mereka berani memakai nama Kopi Bogor sebagai mereknya karena produknya memang berasal dari Bogor.

Kopi Bogor dalam kaleng ini di-roasting dan digiling sendiri di kedai tersebut, sehingga setiap pembeli akan mendapatkan kopi yang benar-benar fresh dan bukan stok yang sudah lama menumpuk.

Selain dalam kemasan kaleng, produknya juga ada dalam toples plastik. Banyak toko oleh-oleh di Bogor sudah menjual produk ini.

Sesuatu yang patut dijadikan oleh-oleh kalau berwisata ke Bogor karena tentu saja cita rasa kopi Bogor berbeda dengan jenis-jenis kopi Nusantara lainnya.

Kalau mau mencicipinya secara langsung, bisa juga datang langsung ke Rumah Kopi Bogor yang berlokasi di dalam perumahan Bukit Cimanggu City, Tanah Sareal, Bogor. Mudah kok mencari namanya lewat Google Map.

Selamat mencoba.

Leave a Comment