Kilin (Qilin) Makhluk Menyeramkan Perlambang Kemakmuran Dan Kedamaian

Kilin - Qilin Makhluk Menyeramkan Perlambang Kemakmuran dan Kedamaian 4

Dalam setiap pagelaran Cap Go Meh dimanapun, ada dua sosok utama yang selalu hadir. Ketidakhadiran salan satunya akan membuat perhelatan itu bagai sayur kurang garam, tidak afdol. Begitu kata banyak orang.

Keduanya adalah sosok “Liong” dan “Kilin”. Untuk figur Liong, tentu sudah sangat akrab diketahui kira-kira seperti apa wujudnya. Sosok ini banyak ada dalam legenda di berbagai budaya dan sudah digambarkan dalam berbagai versi.

Namun, Kilin sendiri belum banyak diketahui, kecuali tentunya oleh masyarakat Tionghoa. Kilin atau Qilin adalah makhluk legenda dalam kebudayaan Cina atau Tionghoa. Sosok ini selalu digambarkan dengan wajah yang menyeramkan dan garang sekali. Padahal, apa yang disimbolkannya tidaklah menakutkan.

Kilin dalam acara Cap Go Meh Bogor

Makhluk legenda ini disebut juga dengan Qilin dan mengandung makna jantan-betina. Qi=Jantan, Lin=Betina. Pejantan akan bertanduk dan betina tidak. Kilin adalah tunggangan para dewa dalam legenda Tionghoa.

Figur ini melambangkan kemakmuran dan kedamaian. Dilegendakan, ia akan selalu hadir ketika sebuah negara/masyarakat sudah makmur dan damai.

Itulah mengapa kehadirannya selalu dinantikan karena merupakan perlambang doa semua orang. Bagaimanapun, semua orang akan berharap kemakmuran dan kedamaian hadir di dunia ini.

Dalam perjalanannya, bentuk Kilin pun bervariasi. Mulai dari yang dibuat semenyeramkan mungkin sampai ada yang lucu dan imut seperti foto di bawah ini.