[Foto] Reruntuhan Mausoleum Van Motman : Puing Kejayaan Tuan Tanah Bogor

Reruntuhan Mausoleum Van Motman Tuan Tanah Bogor 4

Foto-foto dalam tulisan ini menggambarkan reruntuhan Mausoleum Van Motman di kawasan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor. Kompleks mausoleum ini merupakan salah satu cagar budaya yang ditetapkan Pemda Kabupaten Bogor dan berstatus dilindungi.

Nama Van Motman sendiri akan selalu tercatat dalam sejarah Kota Hujan dan untuk itulah kompleks pemakaman ini dijadikan cagar budaya.

Van Motman merupakan seorang tuan tanah di masa pendudukan Belanda di Indonesia. Kekayaannya terlihat dari luas tanah yang dimilikinya pada abad ke-19 yang mencapai 118 Kilometer persegi. Luas tanah yang kurang lebih sama dengan luas Kota Bogor saat ini.

Pada masa jayanya, tanah yang dimilikinya menghasilkan berbagai hasil bumi, seperti kopi dan karet.

Mausoleum Van Motman merupakan kompleks tempat penyimpanan jasad keluarga dan keturunan dari wangsa tersebut. Diduga kondisi asli dari kompleks mausoleum ini sangat megah mengingat kekayaan yang dimilikinya.

Paling tidak terdapat 12 pilar di atas tanah seluas 600 meter persegi dengan bangunan mausoleumnya sendiri berukuran 40 meter persegi.

Nama “Van Motman” terpahat di pintu masuk mausoleum (bisa dilihat pada foto pertama)

Kompleks ini diperkirakan dibangun tahun 1811 atau lebih dari dua abad yang lalu.

Bangunan aslinya diduga dilapisi dengan marmer yang didatangkan langsung dari Eropa. Sayangnya, tangan-tangan pencoleng telah merusak hampir semua bagian , sehingga yang tersisa hanyalah “reruntuhan” dari bangunan yang dulu megah.

Hingga saat ini, mausoleum ini masih sering dikunjungi oleh para pecinta bangunan bersejarah dari Bogor dan Indonesia. Untuk menemukannya memang agak sulit karena sekarang penampakannya berada di tengah perkampungan dan tertutup oleh bangunan lain.