[Foto] Pedagang Penggorengan Jumbo di Salabenda, Bogor

Pedagang Penggorengan - Kuali Ukuran Jumbo di Salabenda Bogor

Pedagang penggorengan jumbo merupakan salah satu ciri khas bila Anda berkunjung ke Bogor melalui jalan Raya Jakarta Bogor yang lama, via Parung. Kehadiran mereka bisa terlihat, terutama ketika memasuki perbatasan Kabupaten dan Kota Bogor di sekitaran Salabenda.

Mereka biasa memajang dan menggantungkan barang dagangannya di pinggir jalan. Kebiasaan ini sudah berlangsung puluhan tahun dan dilakukan secara turun temurun.

Hal ini merupakan kebiasaan di wilayah tersebut mengingat sejak dulu kala wilayah ini dikenal sebagai wilayah para pandai besi.

Oleh karena itu tidak heran bahwa penggorengan atau kuali yang dijual bukanlah terbuat dari aluminium atau bahan lain berlapis Teflon. Semua produk mereka terbuat dari besi.

Yang menarik adalah ukuran barang yang dijual. Mereka bukan hanya menawarkan penggorengan yang cukup untuk menggoreng telur ceplok atau telur dadar saja. Pasti ada penggorengan ukuran jumbo di dalamnya, yang besarnya sering melebihi ukuran antena parabola.

Tentunya, yang seperti ini bukan untuk keperluan rumah tangga, tetapi untuk usaha di bidang makanan, seperti catering.

Pedagang Penggorengan - Kuali Ukuran Jumbo di Salabenda Bogor 2

Penampakan pedagang penggorengan jumbo ini kerap menjadi daya tarik sendiri bagi mereka yang baru pertama kali melewatinya.