Blog Bukan Cara Cepat Menjadi Kaya

Blog Bukan Cara Cepat Menjadi Kaya

Di dunia maya tulisan tentang cara cepat nan jitu menghasilkan uang dari blog bertebaran seperti pasir di pantai. Semua memberikan tips dan trik yang beragam dan biasanya diperlengkapi dengan bukti berupa screenshoot penghasilan.

Tidak heran kalau kemudian banyak orang yang tertarik untuk ikut terjun ke dunia ini dan menjadi blogger. Salah satu harapannya adalah agar mereka bisa mendapatkan penghasilan ribuan dollar dan kemudian menjadi kaya raya. Apalagi kalau membaca isi artikel tentang itu, sepertinya mudah sekali menghasilkan uang hanya dengan menjadi blogger.

Padahal, kenyataannya jauh dari semua itu. Blog bukan cara cepat menjadi kaya. Mendapatkan uang dari kegiatan blogging tidak semudah yang dibayangkan.

Banyak sekali blogger ikut-ikutan yang kemudian akhirnya merasa putus asa dan berhenti ngeblog. Mereka menemukan bahwa mimpi tidak seindah kenyataan dan akhirnya karena memang pada dasarnya tidak ada passion di dalam dirinya, mereka menutup blog dan kabur beralih ke hal lain.

Memang begitulah kenyataan yang ada. Bukan perkara yang mudah mendatangkan uang dari blog.

Mengapa?

Karena blog, blogging, ngeblog, pada dasarnya hanyalah sekedar kesempatan, sarana, alat yang bisa dipergunakan orang untuk mendapatkan penghidupan. Blog bukanlah lampu atau tongkat ajaib yang bisa merubah situasi dalam sekejap mata.

Jika diniatkan untuk tujuan menghasilkan uang, blog menjadi sebuah bisnis dan dalam dunia bisnis, tidak ada yang namanya instan. Blog hanyalah alat.

Untuk bisa merealisasikan target yang menjadikan blog sebagai sumber penghasilan akan membutuhkan ribuan jam kerja keras, ribuan jam lagi untuk berpikir, dan tidak terhitung juga modal berupa materi yang harus dikorbankan. Tidak ada bedanya dengan bisnis biasa.

Seorang blogger harus mau berpikir setiap hari untuk menemukan ide, menuliskannya menjadi sebuah konten yang menarik, melakukan promosi tanpa henti. Dan, semua itu harus dilakukan dalam waktu yang panjang.

Tidak pernah singkat.

Kebanyakan blogger sukses biasanya sudah mengelola blognya dalam jangka waktu minimal 5 tahun dan bahkan 15 tahun. Pada awalnya pun, seperti Linda Ikeji, blogger wanita sukses asal Nigeria, mereka hampir tidak mendapatkan apa-apa dan seperti melakukan kerja bakti saja. Tanpa hasil.

Kegigihan dan ketekunan merekalah yang pada akhir membuahkan hasil yang diharapkan.

Tidak ada yang instan.

Jadi, kalau memang mau menjadi blogger untuk tujuan mengejar uang, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengenyahkan pemikiran bahwa blog adalah cara menjadi kaya dengan cepat.

Hal itu adalah bualan belaka karena kenyataannya semua butuh waktu dan usaha yang banyak sekali.

2 thoughts on “Blog Bukan Cara Cepat Menjadi Kaya”

Leave a Comment