Berencana Update Lebih Sering Untuk Menaikkan Trafik

Berencana Update Lebih Sering Untuk Menaikkan Trafik

Kuncinya hanya satu, yaitu saya harus update lebih sering lagi di Blog Umum Sekali. Itu adalah solusi yang paling mungkin untuk mengembangkan blog ini.

Setelah beberapa tahun, saya tidak lagi menemukan jalan keluar selain kembali ke awal, yaitu membuat dan menerbitkan artikel sebanyak-banyaknya. Dengan begitu maka trafik pengunjung yang datang akan bisa bertambah. Tanpa itu, maka blog ini akan terus stagnan dan tidak berkembang.

Masalah utama dari blog ini adalah tipenya, yaitu blog multi topik atau yang dikenal dengan blog gado-gado. Isi tulisannya bervariasi sekali dan tidak mengusung satu jenis topik utama saja.

Hasilnya, blog ini mirip sekali dengan gudang atau toko yang barangnya berantakan. Pembaca yang datang pun pada akhirnya merasa pusing karena kesulitan harus memilih tulisan mana yang mau dibaca.

Situasinya berbeda dengan niche blog atau blog dengan satu topik saja. Ibaratnya pembaca seperti masuk ke dalam sebuah toko khusus dan mereka cenderung langsung bisa mengerti apa yang dijual di toko itu. Coba saja bayangkan Anda ingin membeli bawang satu kilo dan pergi ke hipermarket, Anda pastinya akan kesulitan untuk menemukan tempat “bawang”.

Beda halnya kalau Anda langsung pergi ke tukang sayur karena pastinya lebih mudah menemukan tempatnya.

Kira-kira begitulah kesulitan yang dihadapi oleh seorang pengelola blog gado-gado.

Nah, setelah berulangkali mencoba menemukan solusi terhadap masalah ini, pada akhirnya saya harus menerima kenyataan. Satu-satunya cara supaya blog ini berkembang, maju, dan tentunya bisa menghasilkan uang adalah dengan menelurkan artikel sebanyak-banyaknya.

Saya harus update lebih sering dari sebelumnya. Selama ini memang saya kurang rutin sekali dan baru beberapa minggu belakangan blog Umum Sekali mendapat asupan tulisan baru secara rutin. Itupun dengan bantuan adik yang saya bayar untuk menulis artikelnya.

Sayangnya hanya satu artikel perhari dan tentunya tidak cukup cepat membuatnya cepat gemuk. Bandingkan saja dengan Detik yang menelurkan 500 artikel baru setiap hari.

Jangan tanya Tribunnews atau media berita lainnya. Jumlahnya kurang lebih sama.

Jadi, mau tidak mau, saya harus meniru cara mereka dalam mengurus website ini, yaitu dengan menulis artikel lebih banyak dan lebih sering.

Untuk itulah, di tahun 2021 nanti, saya sudah memiliki target dan jadwal agar setidaknya ada 3-5 tulisan perhari yang bisa disajikan kepada pembaca.

Berat memang, tetapi tidak ada cara lain. Kalau saya tidak bisa, maka blog ini tidak akan berguna dan tumbuh. Bisa diibaratkan blog Umum Sekali akan menjadi ternak yang kurus kering dan kuntet. Kalau sudah begitu, maka pilihannya adalah “menyuntik mati” atau menonaktifkan blog ini.

Tapi, saya tidak berniat demikian. Saya ingin agar blog ini juga sukses dan supaya bisa menghasilkan uang bagi saya dan keluarga.

Suka atau tidak suka saya harus berjuang dan bekerja lebih keras lagi agar “ternak” yang satu ini bisa gemuk dan menghasilkan sesuai keinginan.

Doakan saya yah.

Leave a Comment