Arti CC 0 Pada Foto atau Image

Apa arti lisensi CC 0 pada foto atau image

Bila Anda seorang blogger atau webmaster dan kemudian membutuhkan foto tetapi tidak punya biaya, ada solusinya kok. Cari saja foto atau image di internet yang memasang lisensi CC 0.

Maksudnya apa? Apa arti dari CC 0?

Istilah CC0 merupakan singkatan dari Creative Commons 0. Istilah ini diberikan kepada karya yang pembuatnya sudah melepaskan semua hak yang melekat pada karyanya. Artinya, si pembuat membebaskan orang lain untuk menggunakan karyanya tanpa batasan.

Singkat kata, gratis.

Foto dan image dengan lisensi seperti ini bebas digunakan baik untuk sesuatu yang non komersial atau komersial. Pemakainya pun bebas dari kewajiban untuk memberikan atribusi kepada pembuatnya, meski juga tidak dilarang kalau ia mau memberikannya.

Pemakai boleh mengubah foto sesuai sekehendaknya tanpa harus memberikan keterangan apapun, jika tidak mau.

Jadi, jika memang Anda sedang memerlukan foto tapi tidak menginginkan untuk keluar biaya, cari saja foto berlisensi CC0 di internet. Lumayan banyak situs penyedia foto gratis seperti ini, seperti Pixabay, Pexels, Unsplash, dan masih banyak lagi lainnya.

Banyak foto ilustrasi yang dipampang di blog Umum Sekali merupakan hasil download dari situs-situs tersebut.

Tapi, foto dalam artikel ini bukan hasil mengambil dari situs-situs tersebut loh. Foto tersebut merupakan hasil karya sendiri karena saya selain seorang blogger juga seorang fotografer.

Jumlah foto di hard disk saya mencapai puluhan ribu dan saya berniat memanfaatkannya untuk membuat artikel pendek di masa datang.