Apakah Sudah Menyimpan Kelapa Dengan Benar?

Seringkali kelapa yang kita beli meski sudah disimpan dengan baik, terkadang berbau tengik, bahkan seringkali menjadi busuk dan basi. Terutama kelapa yang sudah diparut.

Hal ini tentunya terkadang membuat jengkel juga panik. Apalagi, kalau kita hendak memasak masakan yang menggunakan kelapa untuk menjamu tamu, ternyata kelapa yang kita simpan sudah tidak layak lagi untuk digunakan. Tentunya, kejadian seperti itu kadang menimbulkan rasa kesal sendiri.

Apakah Sudah Menyimpan Kelapa Dengan Benar?

Lalu, bagaimanakah sebaiknya cara menyimpan kelapa?

Seperti yang kita tahu, kelapa yang masih berbatok relatif tahan lama bila disimpan. Berbeda dengan kelapa yang telah dikupas. Kelapa yang telah dikupas dari tempurungnya tetapi belum dibelah dapat bertahan 3 hari pada suhu ruang. Dan, dapat bertahan sampai 1 minggu bila disimpan dalam lemari es. Asal, kelapa dibungkus dahulu dengan plastik agar tidak kering.

Kelapa yang sudah terbelah akan lebih cepat berlendir dan membusuk. Bila disimpan pada suhu ruang, hanya dapat bertahan 1 hari. Sedangkan, bila disimpan dalam lemari es kelapa tersebut dapat bertahan 3-5 hari. Caranya, rendam kelapa dengan air sampai benar-benar terendam. Ganti air perendam setiap hari agar tidak berlendir.

Kelapa parut lebih cepat basi daripada kelapa utuh. Sebaiknya, simpan kelapa dalam freezer. Bila hendak diperas, biarkan dahulu pada suhu ruang, kemudian peras dengan menggunakan air hangat agar santannya keluar.

Nah, demikian sedikit tips menyimpan kelapa dengan benar. Mudah-mudahan, cara-cara yang disebutkan di atas tadi dapat membantu. Sehingga tak perlu lagi merasa panik ataupun kesal ketika kelapa yang kita simpan ternyata menjadi tak layak untuk dipakai.

^_^