Yang Dibuat Cepat Dan Nikmat Selagi Hangat

Saat cuaca dingin, apalagi ketika hujan turun, minuman hangat (dalam bahasa Jawa disebut wedang) menjadi satu pilihan tepat untuk menghangatkan badan. Selain menghangatkan badan, minuman hangat juga dapat membawa kehangatan pada suasana. Misalnya, dalam acara santai bersama keluarga, juga saat berkumpul bersama teman-teman di kafe, ataupun saat ‘coffee break‘ pada acara rapat/seminar.

Sebenarnya apa, sih, yang dimaksud dengan minuman hangat?


Minuman hangat adalah minuman yang dimasak terlebih dahulu dan disajikan dalam keadaan hangat. Contohnya, wedang jahe, wedang ronde, atau bajigur. Idelanya, sesuai dengan namanya, minuman hangat, yaaaa..dinikmatinya selagi masih hangat.

Minuman hangat sudah ada sejak zaman nenek moyang kita dulu. Yang paling sederhana adalah kopi dan teh tubruk. Sesuai perkembangan zaman, perbendaharaan minuman hangat pun bertambah. Ada yang dengan cara menambah, mengurangi, atau mengganti bahan utamanya. Misalnya, kopi tubruk yang ditambah jahe, serai, daun jeruk, dan santan, jadilah minuman baru yang bernama bajigur. Atau susu telur madu jahe (STMJ), bisa ditambah kopi tubruk atau susu cokelat, jadilah STMJ rasa cokelat. Minuman ini tidak hanya dapat menghangatkan tubuh, tetapi rasanya juga nikmat.

Sebenarnya, banyak minuman hangat khas Indonesia yang cukup populer dan bisa dibanggakan. Contohnya, bandrek, wedang sekoteng, bir pletok, ataupun beras kencur. Terkadang, untuk menghilangkan kesan tradisional dan memunculkan kesan modern, banyak yang menambahkan kismis, kacang tanah cincang, bahkan whipped cream (krim kocok) pada minuman-minuman hangat tersebut.

Minuman hangat khas Indonesia berbeda dengan minuman hangat ala barat. Rasa hangat minuman ala barat diperoleh dari tambahan minuman beralkohol, seperti brandy, liquer, dan whisky. Seperti Irish Coffee yang terkenal itu. Irish coffee adalah kopi khas Irlandia yang dibuat dari kopi instan ditambah dengan whisky. Tetapi, ada pula minuman hangat ala barat tanpa alkohol, seperti Cappucino atau Mochaccino, yaitu kopi atau cokelat dicampur dengan krim, lalu dikocok hingga tercampur rata.

Sementara, minuman hangat khas Indonesia ditimbulkan dari pemakaian rempah-rempah alami seperti jahe, serai, dan cengkih. Selain untuk menghangatkan badan, minuman hangat khas Indonesia juga sangat berguna untuk kesehatan.

Nah, itulah sedikit cerita tentang minuman hangat.


Mau pilih yang mana


Yang ala barat atau yang khas tradisional Indonesia?
Semuanya cocok sekali untuk dinikmati saat cuaca dingin. Dan, semuanya juga merupakan minuman yang cepat dibuat serta dapat memberikan kehangatan, tidak saja pada tubuh, tetapi juga pada suasana.

^_^v

Sharing is caring!

2 thoughts on “Yang Dibuat Cepat Dan Nikmat Selagi Hangat”

  1. Kalo di tempat saya namanya Sarabba mas. Mirip2 wedang jahe.
    konten utama sih jahe, kadang ada cengkeh dan biji pala juga sih.

    Kalo sekarang saya beli sasetan jahe instan trs dicampur di kopi hitam. Efek parno covid 😀

Comments are closed.