Telur, Si Bulat-Lonjong Yang Terkenal Di Seluruh Dunia

Sudah berabad-abad lamanya, keberadaan telur tak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Selain sebagai salah satu sumber makanan, telur juga kerap dipakai sebagai simbol kelahiran, kesuburan, juga kemakmuran. Contohnya, dalam perayaan Paskah. Pada perayaan ini telur selalu ada. Telur dalam perayaan ini melambangkan kehidupan baru.

Dalam masyarakat Cina, kelahiran bayi diperingati dengan cara membagikan telur yang diwarnai merah. Sedangkan, pada masyarakat Jawa selalu menyertakan telur pada setiap upacara selamatan, misalnya kelahiran bayi ataupun panen padi.

Seperti yang kita ketahui, telur merupakan bahan masakan populer dan tidak pernah absen dalam dunia kulinari. Karena, fungsinya yang multiguna. Di dalam dunia kulinari, telur bisa dijadikan pengemulsi (dalam pembuatan mayones), pengikat dan pengental (custard), pelapis (coating), dan sebagai pengembang (cake).

Telur juga bisa dihidangkan sebagai sajian tersendiri yang sederhana namun enak, seperti telur dadar. Bisa juga diolah menjadi masakan bergengsi seperti sufle, telur isi udang, fuyunghai kepiting. Telur merupakan sumber protein, lemak, vitamin, dan mienral. Namun, bagi anda yang sedang berdiet, berhati-hatilah menyantap kuning telur, karena kadar kolesterolnya yang tinggi (1.500 mg/10 g kuning telur)

Ada beberapa jenis telur yang dapat dijadikan sebagai sumber makanan, antara lain :

Telur ayam
Telur ini banyak dimanfaatkan sebagai masakan maupun bahan pembuat kue. Ada telur ayam negeri/ras ada juga telur ayam kampung, ataupun ayam buras (bukan ras). Dari segi gizi, keduanya tidak ada bedanya. Warna kulit telur tidak berpengaruh pada kualitas maupun rasanya. Pemakaian telur ayam negeri maupun kampung, tergantung selera.

Telur bebek atau itik
Warna bagian kuning telurnya lebih tua (kuning oranye) dan ukurannya lebih besar dibandingkan telur ayam. Baunya lebih amis/anyir. Telur ini sering digunakan untuk membuat martabak. Cocok untuk dibuat telur asin karena kulitnya yang tebal dan isinya yang padat juga kenyal.

Telur angsa
Beratnya bisa mencapai 100 – 120 g/butir. Putih telurnya lebih kental daripada putih telur ayam negeri. baunya juga lebih anyir. Bisa digunakan untuk membuat kue, sebagai pengganti telur ayam.

Telur puyuh
Telur ini berukuran kecil. Karena ukurannya yang kecil, maka telur ini seringnya dijadikan sebagai pelengkap masakan.

Telur penyu
Bentuk telur ini unik. Kulitnya penyok-penyok karena lunak dan tipis. Tidak lazim dipakai dalam masakan karena putih telurnya yang tidka bisa memadat. Biasanya hanya direbus, lalu dimakan dengan garam dan merica bubuk.

Demikianlah sedikit informasi tentang telur. Semoga dapat memberikan manfaat.

  • Untuk cara memasak dan bagaimana cara sebaiknya menyimpan telur dapat dilihat pada ‘postingan’ berikutnya.

Sharing is caring!

2 thoughts on “Telur, Si Bulat-Lonjong Yang Terkenal Di Seluruh Dunia”

  1. Hanya sebuah telur tetapi sangat banyak manfaatnya yaa kong, Dan telur juga termasuk sudah menjadi kebutuhan manusia dalam hal sehari2..😊😊

    Oiya kenapa telur buaya dan telur cicak tidak ditulis kong..🤣 🤣 🤣 Eeh ada lagi telur ular kobra kong..🤣 🤣 🏃🏃🤣 🏃🏃💨

Comments are closed.