Ketika Krisis Melanda Dapur (2)

Krisis di dapur yang dimaksud di sini bukan yang berhubungan dengan finansial. Melainkan, lebih kepada insiden-insiden kecil, tapi terkadang sempat membuat panik dan putus asa.

Selain yang telah disebutkan pada postingan sebelumnya, berikut adalah macam-macam krisis lainnya yang sering terjaid di dapur serta beberapa tips untuk mengatasinya.

Krisis lainnya yang sering terjadi dapur, yaitu :

Ketika ikan simpanan/ yang baru dibeli berbau tak sedap dan terlihat tak segar
Rendam ikan dalam larutan cuka selama kurang lebih 10 menit. Jika baunya hilang, usahakan untuk segera dimasak. Tetapi, jika merasa sangsi, lebih baik dibuang saja. He..he..

Ketika ikan panggang mengelupas
Untuk menghindarinya, alasi ikan dengan daun pisang ketika dipanggang atau bungkus dengan kertas aluminium. Untuk mengatasi kulit ikan yang terkelupas, tutup dengan garnish yang sesuai.

Puding agar-agar tak mau mengeras
Bekukan dalam freezer. Sajikan sebagai sorbet dengan tambahan buah segar.

Sufle terlalu lembek
Sendoki dan sajikan secara individual di ats piring saji. tambahkan saus dan hiasan buah.

Fruitcake kering
Apa yang harus dilakukan bila fruitcake yang akan disuguhkan kering? Tusuk-tusuk cake dnegan garpu, perciki dengan minuman beralkohol/jus buah. Dengan cara ini, kita akan mendapatkan fruitcake yang lembab dan legit.

Cake masih mentah setelah keluar dari oven
Bila dipanggang kembali, bentuk cake akan terlihat kurang bagus atau gosong. Potong-potong cake mentah tadi, panggang dalam oven sampai kering. Sajikan dengan es krim.

Sponge cake gagal/mengempis
Jangan kecewa dan putus asa. Buatlah trifle. Potong-potong sponge cake, siram dengan rum atau minuman beralkohol lainnya. Susun potongan cake dalam mangkuk, tambahkan vla (custard) dan potongan buah segar/kalengan.

Cake dalam oven hanya mengembang sebelah
Bukalah tutup oven perlahan-lahan. Putar posisi loyang setengah lingkaran, barangkali saja cake bisa diselamatkan. ha..ha..Lakukan hal ini berulang kal sampai cake mengembang rata.

Hiasan kue tar rusak
Bila kue tar rusak hiasannya dan tak bisa diperbaiki, potong-potong dan sajikan secara individual dengan saus buah atau es krim.

Kulit pai robek/berlubang sewaktu diangkat
Tambal dengan potongan kulit pai yang berlebih. Bila letaknya di atas atau samping yang terlihat jelas, tambal dengan adonan pai yang dibentuk seperti hiasan, misalnya, bentuk pita atau daun.

Tak yakin dengan kematangan pastry
Bila tidak yakin apakah pastry dalam oven telah matang atau belum, tambahkan waktu memanggang lebih lama dari yang diminta dalam resep.

Vla berbutir-butir
Saus manis yang lembut akan menambah nikmat puding yang disajikan, seperti vla, saus cokelat. Vla yang meringkil/berbutir-nutir bisa diperbaiki dnegan disaring. Kemudian, masak kembali hingga kental dan lembut.

Saus untuk steak atau vla gosong saat dimasak
Jangan diaduk-aduk (apalagi dikerok)!
Sesegera mungkin pindahkan ke panci lain, lalu teruskan memasak dengan api kecil. Bila saus terlalu encer, tambahkan tepung maizena yang dilarutkan dengan susu cair.

Saus pecah saat dimasak
Begitu saus mulai pecah, segera celupkan panci ke dalam air dingin untuk menyatukannya kembali.

Saus mayones pecah sebelum selesai proses
Masukkan 1 sdm air panas, lalu kocok. Jika hal tersebut tidak menolong, jangan dibuang, tapi ulangi lagi dari tahap awal.
Kocok kuning telur, beri minyak sedikit demi sedikit sampai mulai terbentuk emulsi. Tambahkan saus yang pecah tadi sedikit demi sedikit.

Agar saus santan tidak pecah
Sebelum dimasak, tambahkan 1 sdt tepung maizena, aduk hingga tepung larut.

Saus daging berwarna kurang cokelat
Tambahkan pewarna atau kecap agar tampilannya lebih menarik.

Melelehkan cokelat masak (cooking chocolate)
Melelehkan cokelat lakukan selalu dengan car ditim. Jangan mempercepat pelelehan dengan cara mendidihkan air karen acokelat akan meringkil. Tapi, bila hal itu sampai terjadi, tambahkan shortening (bukan margarin) agar cokelat leleh lebih lembut dan mengkilap.

Cokelat leleh meringkil, bisa juga karena ketetesan air atau terkena uap air. Untuk menghindarinya, tim cokleat dengan menggunakan 2 wadah bersusun, dengan wadah atas pas menutupi wadah bawah. Cara ini membuat uap air tidak ada yang keluar.
Potong cokelat masak kecil-kecil agar cepat meleleh. Gunakan api kecil, jangan sampai air mendidih bergolak.
Jika mau, lelehkan cokelat dalam oven microwave dengan skala high selama 1 – 2 menit. Lalu keluarkan, aduk rata.

Pengganti cokelat masak leleh
Dalam keadaan darurat, jika tak ada cokelat masak(cooking chocolate), ganti setiap 30g cokelat masak dengan 3 sdm cokelat bubuk ditambah 1 sdm margarin/mentega putih.

Yup, meski belum seluruh krisis dapur disebutkan di atas, tetapi veverapa yang telah disebutkan dalam postingan ini juga sebelumnya diharapkan dapat sedikit membantu jika Anda mengalaminya. Mudah-mudahan, krisis tersebut dapat segera teratasi. 😀

Sharing is caring!

Leave a Comment