Darimanakah Datangnya Kelapa?

Darimanakah datangnya kelapa?

Pasti jawabannya, dari pohon terus ke tukang sayur..ha..ha..Ga salah, sih..

Kelapa yang (kadang) saya punya emang asalnya dari situ juga. he..he..

Tapi, darimana, sih, sebenarnya tanaman ini berasal?

Jadi..

Menurut beberapa sumber yang saya dapat, menceritakan bahwa kelapa (Cocos nucifera) merupakan jenis tumbuhan palem paling dikenal di daerah tropis. Tapi, belum pasti darimana tanaman berbatang tinggi menjulang ini berasal.

Banyak, sih, uraian yang menerangkan darimana tanaman ini berasal. Ada yang mengatakan bahwa kelapa berasal dari Kolumbia, Pantai Barat Amerika Tengah, Asia Selatan, Asia Tenggara, termasuk Pasifik, dan sebagainya. Diperkirakan berasal dari pesisir Samudera Hindia di sisi Asia, yang kini telah menyebar luas di seluruh pantai tropika dunia.

Selain itu, banyak pula tulisan yang menyatakan bahwa kelapa sudah dikenal di India sejak 500 tahun SM. Sedangkan, di Srilanka sudah dikenal sejak abad 1 M. Hernatio adalah orang Italia pertama yang mempublikasikan nama kelapa dengan nama palma (1510). Sedangkan, kata coco pertama kali dipopulerkan oleh Barros, pada tahun 1553.

Seperti halnya sejarah kelapa dunia, asal kelapa di Indonesia juga belum dapat diketahui secara pasti. Tapi, yang pasti..sejak ratusan tahun lalu, pembudidayaan pohon kelapa telah dilakukan.

Buktinya apa? Buktinya, dengan telah ditemukannya pohon kelapa pada relief Candi Borobudur. Juga, dari berita yang ditulis Marcopolo yang menyatakan bahwa tanaman ini sudah tumbuh di Sumatera sejak tahun 1292 – 1293.

Oiya..Kelapa dikenal sebagai tanaman serbaguna. Karena, semua bagian tanaman ini mulai dari akar, batang, daun, bunga, hingga buah bisa dimanfaatkan manusia untuk kebutuhan sehari-hari. Di Jawa khususnya, daun, bunga, dan buah kelapa sering digunakan untuk upacara-upacara adat karena banyak mengandung perlambang.


Bahkan, bagian buah yang tidak bisa digunakan untuk masakan pun masih bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain. Seperti, sabut kelapa yang bisa dibuat keset; tempurung kelapa yang bisa diolah menjadi arang; batang daunnya dapat dijadikan sapu lidi; daun kelapa dapat digunakan sebagai atap rumah, anyaman, dan juga dapat dijadikan sebagai alternatif pakan ternak. Sementara batangnya dapat dijadikan jembatan juga papan untuk rumah.

Meski belum pasti darimana kelapa berasal, tetapi, kehadirannya sangat membantu kehidupan manusia di dunia.

Jadi, darimana kelapa berasal?

Dan, saya akan tetap menjawab : dari pohon ke tukang sayur..

Ha..ha..

Sharing is caring!