12 Tips Naik Commuter Line di Masa Pandemi Covid-19

Tips Naik Commuter Line di Masa Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 masih berlangsung di banyak negara, termasuk Indonesia. Masih belum diketahui kapan wabah pageblug ini akan berakhir.

Pada saat bersamaan, kebutuhan hidup masih harus tetap terpenuhi. Oleh karena itu, meskipun bukan hal yang menyenangkan, banyak orang yang harus tetap pergi ke kantor untuk mencari nafkah.

Tidak menyenangkan karena untuk pergi tempat bekerja, sering kita harus menggunakan angkutan umum, seperti Commuter Line atau KRL Jabodetabek. Padahal, di angkutan umum inilah resiko tertular si Corona membesar karena kita harus berada dalam ruangan dengan banyak orang. Was was dan cemas pasti ada.

Ada beberapa tips naik Commuter Line di masa pandemi Covid-19 yang dapat mengurangi rasa cemas sekaligus mengurangi resiko terkena penularan, yaitu

1) Pakai masker

Hal paling utama yang harus dilakukan adalah masker. Dalam hal ini tentunya masker yang sesuai aturan yng telah ditetapkan, yaitu masker medis atau masker kain dua lapis.

Jangan pergunakan masker scuba atau buff yang tipis dan masih sangat memungkinkan ditembus oleh virus Corona yang berukuran kecil.

2) Pakai baju tangan panjang atau jaket

PT KCI atau Kereta Commuter Indonesia sudah menetapkan bahwa setiap penumpang harus mengenakan baju lengan panjang atau jaket untuk menutupi bagian tangan.

Dengan begitu resiko sang virus menempel ke tubuh akan berkurang

3) Pergunakan faceshield/pelindung wajah

Bukan sebuah keharusan dan hanya berupa himbauan saja, tetapi lebih baik repot sedikit untuk mengurangi bahaya.

Penggunaan face shield atau pelindung wajah akan menjadi perisai pertama agar Corona tidak mencapai area mulut dan hidung.

Masih banyak penumpang yang nakal meski berada dalam kondisi kurang sehat, mereka tetap berangkat dan naik angkutan umum. Sering mereka batuk dan bersin dengan sembarangan.

Face shield dan masker akan menjadi tameng utama dalam mencegah virus dari mereka yang bersin/batuk sampai ke muka.

4) Cuci tangan atau pakai hand sanitizer sesering mungkin

Di saat Anda menyentuh benda-benda di dalam stasiun atau kereta, segeralah semprotkan hand sanitizer agar virus yang terbawa mati.

Ketika turun kereta, segeralah mencuci tangan atau pergunakan hand sanitizer yang banyak disediakan.

5) Jangan berbicara selama di stasiun dan dalam kereta

Salah satu larangan saat menggunakan Commuter Line adalah berbicara, baik melalui telpon genggam atau dengan sesama penumpang.

Corona bisa menyebar melalui dropplet air liur yang terlontar saat berbicara.

6) Kalau merasa tidak enak badan, jangan berangkat

Kita harus tetap berempati kepada orang lain. Ketika merasa tidak enak badan, tetaplah tinggal di rumah.

Jangan paksakan diri untuk pergi ke kantor karena justru Anda bisa menjadi sumber penyebaran.

7) Jaga jarak dengan penumpang lain

Di dalam kereta dan stasiun, tetaplah menjaga jarak 1-2 meter dari penumpang lainnya. Jangan bergerombol.

Di stasiun Commuter Line pada masa pandemi sudah disiapkan marka dimana harus berdiri, patuhi.

8) Jangan berhadapan

Di dalam kereta, mau tidak mau kita harus berada dalam ruangan bersama orang lain. Resiko akan selalu ada.

Kurangi dengan cara tidak berhadapan dengan penumpang lainnya, dengan begitu kalaupun seseorang bersin, dropplet air liur atau benda lainnya tidak akan langsung terkena muka.

9) Tutupi mulut dan hidung ketika bersin/batuk

Batuk atau bersin ada etikanya,, apalagi di masa pandemi seperti sekarang. Kalau sudah tidak tertahan, pastikan tangan atau baju dipergunakan untuk menutup mulut dan hidung untuk membantu masker menahan dropplet.

10) Pakai sarung tangan

Penggunaan sarung tangan akan mencegah virus untuk menempel pada tangan. Pergunakan sarung tangan lateks sekali pakai dan buang setelah turun dari kereta.

11) Semprotkan hand sanitizer ke peralatan dan baju sesampai di tujuan

Hand sanitizer semprot punya kelebihan, yaitu bisa digunakan untuk menyemprot tas, atau peralatan lainnya sesampai di kantor atau tempat tujuan.

Bagaimanapun, sangat mungkin tas atau benda yang kita bawa bersentuhan dengan permukaan yang terkena virus. Hal itu bisa dikurangi kemungkinannya dengan menyemprotkan hand sanitizer yang mengandung 70% alkohol ke permukaan benda-benda itu.

12) Mandi sesampai di rumah

Bila menggunakan Commuter Line untuk perjalanan pulang, pastikan sebelum masuk rumah Anda sudah menyemprot tas dan barang lainnya agar sang virus tidak terbawa.

Jangan bersentuhan dengan anggota keluarga sebelum mandi.

Pakaian yang dikenakan rendam dalam air yang sudah dicampur sabun untuk memastikan virus mati.

—–

Bukan sebuah kepastian bahwa sang virus tidak akan mengenai kita, tetapi langkah-langkah ini akan membantu mengurangi kemungkinan, kita dan keluarga terkena virus yang mengerikan itu.

#staysafe

Sharing is caring!