Apakah Anda Sudah Memasak Telur Dengan Benar?

Memasak telur ternyata gampang-gampang susah. Bagi saya, sih..:-D
Apalagi, ketika membuat telur ceplok. Untuk telur ceplok sendiri ternyata, masing-masing orang itu memiliki selera sendiri-sendiri, lho!

Pernah, dulu, ketika saya ingin membuatkan satu buah telur ceplok untuk adik, kenyataannya, saya sampai menghabiskan 1/2 kg (umumnya 8 butir) telur untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. ha..ha..

Adik saya memang menyukai telur ceplok yang ‘sempurna’, menurutnya. 😀

Kadang, ketika memasak makanan berbahan telur rebus, seperti balado atau telur bumbu kuning, saya sering kesulitan ketika mengupas telurnya. Karena, terkadang telurnya belum matang. Jadi, ketika dikupas, telur tidak mulus. Tapi, tercopel-copel. (tercopel, teh, bahasa naon?).:-))

Apalagi, kalau membuat telur setengah matang. Saya jarang mendapatkan hasil yang diinginkan. Keseringannya, hasilnya 98% matang. 😀

Tapi, akhirnya, saya mendapat panduan memasak telur dari berbagai sumber. Hasilnya? Pas, sesuai dengan yang diinginkan. 😀

Jadi, berapa, sih, waktu yang tepat untuk memasak telur agar mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan kita?

Ketika hendak membuat telur ceplok, tidak ada ukuran waktunya. Yang pasti, karena putih telur lebih cepat matang dibanding kuning telur, setiap kali memasak ceplok telur, siram-siram kuning telur dengan minyak panas, lalu tutup sebentar agar cepat masak


.Jika telur kocok akan ditambahkan dalam cairan panas, misalnya dalam pembuatan sup, jangan langsung menuang telur kocok sekaligus. Tambahkan 1/4 cairan/kuah sup panas ke dalam telur sesendok demi sesendok sabil diaduk. Tuangkan ke dalam sup setelah telur hangat.

Untuk memasak telur rebus, telur bisa dimasukkan ketika air sudah mendidih atau saat masih dingin. Untuk mendapatkan rasa yang pas, jangan merebus telur lebih dari 12 menit, karena putih telur akan mengeras dan liat. Sementara, kuning telur akan terasa seperti tepung. Biasanya, ditandai dengan permukaan kuning telur yang sudah berwarna kebiruan.

Membuat telur setengah matang ternyata gampang-gampang susah. Kuncinya adalah rebus telur dalam air yang mendidih pelan, agar telur tidak pecah dan putih telur tidak mengeras. Perhatikan lama merebusnya.


Cara pertama :

Masukkan telur ke dalam air mendidih. Mulailah menghitung begitu telur dimasukkan. Empat menit untuk telur berukuran besar dan 3 menit untuk telur berukuran kecil. Oiya, selain ukuran, kesegaran telur juga mempengaruhi waktu.


Cara kedua

Didihkan air, matikan api, lalu masukkan telur. Tutup panci, dan biarkan 6 – 10 menit, tergantung besarnya telur. Cara ini menghasilkan putih telur yang lebih lembut.

Ukuran waktu merebus telur

Untuk telur 1/2 matang :
6 menit, ketika telur dimasukkan ke dalam air yang sudah mendidih. Dan, kalau dimasak saat air masih dingin, hitung 3 menit setelah air mendidih.

Untuk telur matang lembut :
8 menit, ketika telur dimasukkan ke dalam air yang sudah mendidih. Dan, kalau dimasak saat air masih dingin, hitung 4 menit setelah air mendidih.

Untuk telur yang matang, kuning telur lembut di tengah :
10 menit, ketika telur dimasukkan ke dalam air yang sudah mendidih. Dan, kalau dimasak saat air masih dingin, hitung 6 menit setelah air mendidih.

Untung telur matang keras :
12 menit, ketika telur dimasukkan ke dalam air yang mendidih. Dan, kalau dimasak saat air masih dingin, hitung 10 menit setelah air mendidih.

Bagaimana?
Apakah sudah mendapatkan telur yang matang sesuai yang diinginkan?
Kalau belum, berminat mencoba tips di atas?

^_^v

Sharing is caring!