9 Tips Supaya Terhindar Dari Hutang

Tips Terhindar Dari Hutang

Berhutang adalah hal yang sudah dianggap biasa di zaman sekarang. Bahkan mayoritas orang menganggap meminjam uang atau berhutang sebagai sesuatu yang perlu dan dibutuhkan.

Pandangan yang tidak mengherankan mengingat kemudahan untuk mendapatkan hutang atau pinjaman akan selalu hadir. Kartu kredit, Kredit Tanpa Agunan hadir untuk mempermudah orang berhutang.

Berbagai kemudahan untuk pembayaran secara mencicil disediakan berbagai vendor. Mulai barang kecil seperti televisi, sepatu, sampai kendaraan bermotor bisa didapatkan dengan membayar secara mencicil alias berhutang.

Hutang memang seperti “mempermudah” manusia untuk mendapatkan sesuatu.

Padahal, sebenarnya hutang adalah beban.

Banyak sekali beban yang dihadirkan saat memiliki hutang.

Beban keuangan karena penghasilan di masa datang sudah diambil sekarang. Beban pikiran juga karena secara tidak sadar akan ada tekanan yang hadir di saat tanggal pembayaran cicilan mendekat.

Apalagi ketika saat pembayaran cicilan sudah mendekat tetapi tidak ada dana yang tersedia. Hasilnya bisa pusing tujuh keliling dan tekanan akan semakin membesar.

Jangan lupa juga bahwa kemudahan berhutang tidak gratis karena ada beban bunga yang harus dibayarkan.

Oleh karena itu kalau mau sehat walafiat kantung dan mental, cara terbaik dalam menjalani kehidupan adalah dengan tidak berhutang sama sekali. Dengan begitu tidak ada beban secara materi maupun moril dan akan membuat kita merasa lepas dari bebang.

Untuk melakukan ini sebenarnya tidak sulit dan tidak membutuhkan keterampilan khusus, yaitu

  • jangan punya kartu kredit karena dengan begitu tidak akan hadir godaan untuk membeli apapun secara kredit yang sama dengan berhutang
  • buat budget keuangan dan patuhi dengan begitu ada batasan yang membuat kita bisa membatasi diri dari berbagai godaan untuk membeli sesuatu di luar yang sudah dibudgetkan
  • jangan membeli sesuatu yang tidak diperlukan karena hal itu membuat boros pengeluaran
  • punya dana cadangan/tabungan setidaknya 30% dari penghasilan rutin untuk berjaga-jaga terhadap sesuatu yang tidak terduga
  • beli sesuatu kalau memang dana tunainya ada dan tunda pembelian kalau dana belum tersedia
  • jangan beli sesuatu menggunakan cara mencicil karena pada dasarnya tetap berhutang
  • beli sesuatu berdasarkan fungsi dan bukan berdasarkan keinginan
  • sesuaikan gaya hidup dengan penghasilan dan jangan terpengaruh dengan gaya hidup orang lain
  • hindari mengikuti tren karena untuk mengikutinya pasti butuh biaya dan yang menjadi masalah adalah tren berubah dengan cepat yang artinya perlu ongkos untuk setiap tren baru

Tidak ada tips yang aneh dan tidak bisa dilakukan. Sayangnya, hal-hal sederhana ini kerap sulit dilakukan karena kurangnya disiplin dalam keuangan dan mudah terbujuk oleh godaan untuk membeli sesuatu berdasarkan keinginan dan bukan kebutuhan.

Baca juga : 8 Tips Supaya Tidak Terjebak Hutang Kartu Kredit

Padahal, ketidakdisiplinan itulah yang membuat keuangan menjadi kacau dan mendorong seseorang untuk berhutang.

Sharing is caring!

Leave a Comment