Omelette géante : Telur Dadar Raksasa Titah Sang Napoleon

Omelette géante Tradisi Telur Dadar Raksasa Tercipta Karena Napoleon A
Kredit Foto : France TV Info

Pernah makan telur dadar? Pasti dong. Salah satu menu sarapan paling populer di dunia. Kalau di Indonesia disebut telur dadar, tetapi di belahan dunia lain disebut dengan omelet atau omelette.

Nah, berapa ukuran terbesar yang pernah Anda makan? Sepiring penuh adalah ukuran maksimal yang biasa dimakan sehari-hari.

Meskipun demikian pada hari Senin setelah Paskah di Perancis, tepatnya di Bessières, Haute-Garonne.ada sebuah tradisi yang menghadirkan ukuran telur dadar raksasa. Nama tradisinya adalah Omelette géante atau the Giant Omelette.

Pada hari itu puluhan orang akan bahu membahu untuk membuat telur dadar dalam ukuran luar biasa besar. Untuk memasaknya saja, telur yang bisa dimasak mencapai 15 ribu butir.

Tentu saja untuk menggorengnya diperlukan wajan ukuran besar dan untuk memasaknya biasanya dipakai yang berdiameter 4 meter.

Paling tidak rata-rata butuh 40 koki dan tenaga bantuan lain untuk menggorengnya .

Sebagai temannya disiapkan roti sepanjang bermeter-meter.

Tradisi ini memiliki banyak sumber cerita, tetapi yang paling populer adalah kisah di masa Napoleon menjadi penguasa di negeri ini. Pada suatu hari, ia bersama pasukannya singgah di kota Bessières, Perancis Selatan.

Ia disuguhi oleh omelet. Setelah memakannya, ia merasa omelet itu yang terenak yang pernah ia makan. Lalu, ia memerintahkan seluruh penduduk kota itu untuk mengumpulkan telur yang ada dan kemudian dibuat telur dadar seperti yang ia makan.

Keesokan harinya, si penguasa Perancis itu dan pasukannya memakan omelet yang disediakan oleh penduduk disana.

Tradisi ini terus berlangsung. Pada tahun 1973 terbentuk asosiasi Telur Dadar Raksasa yang melibatkan banyak kelompok.

Tradisi ini dikenal juga dengan Omelette dari Bessières.

Sharing is caring!