Cemilan Ringan Kemplang Ubi Upak

Cemilan Ringan Kemplang Ubi Upak a

Nama kemplang ubi upak mungkin agak sedikit asing terdengar di telinga sebagian besar penduduk yang tidak berdomisili di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan.

Bisa dimaklum sih, sebab penamaan  “ Upak “  untuk kuliner dari bahan baku Ubi kayu ini setahu saya sebagian besar cuma dipakai di wilayah Ogan Komering Ulu.Untuk sebutan ( penamaan  ) cemilan dari ubi kayu  ini untuk di daerah lain ada yang menyebutnya dengan nama “ Opak “.

Terus, sebenarnya apa itu kemplang Ubi Upak ( Opak ) ini ?

Kemplang Ubi Upak ( Opak ) adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar ubi kayu atau singkong. Dalam proses pembuatannya kemplang  ubi upak ini diparut terlebih dahulu, setelah itu diratakan diatas daun pisang , kemudian dikukus, lalu di jemur sampai kering, lalu bisa digoreng.

Selain bisa digoreng, kemplang ubi upak ini juga bisa dimasak dengan cara dipanaskan diatas bara api.

Dari yang penulis ketahui , pembuatan kemplang ubi upak ini masih menggunakan cara tradisional dan belum ada yang menggunkan mesin modern.Untuk proses pengeringannya juga masih menggunakan sinar langsung dari matahari.

Penampakan Kemplang Ubi Upak ini , tidak jauh berbeda seperti kemplang biasa, namun agak lebar dan tipis.Semakin tipis bentuknya maka, akan semakin renyah ketika akan dimakan. Dengan catatan proses pengeringannya sudah tahap maksimal.

Untuk rasanya, agak terasa sedikit asin, karena memang dikasih garam untuk menambah cita – rasanya, namun tetap rasanya enak kok.Untuk warna, biasanya kemplang ubi upak ini diberi warna original alias tidak diberi pewarna makanan sama sekali.Cuma mengandalkan warna bahan dasar ubi itu sendiri.

Namun ada juga yang diberi bahan pewarna makanan, untuk menambah daya tarik penampilan dari kemplang ubi upak ini.

Memang tidak banyak penjual yang menjual kemplang ubi upak ini, karena tergantung dengan musim panen ubi kayu atau singkong.

Dari pengalaman sewaktu membeli  cemilan dari ubi ini, harga untuk satu ikat kemplang ubi upak berada dikisaran harga 10 ribu.Harga yang cukup terjangkau bukan ?

(Penulis : Adi Pernata/Kang Nata)

Sharing is caring!