Pesona Air Terjun Bedegung Muara Enim Sumatera Selatan

Indonesia kaya sekali akan panorama keindahan alamnya, diantaranya adalah Air terjun ( Curug ). Salah satu Air terjun yang  termasuk banyak dikunjungi oleh wisatawan setiap tahunnya adalah Air terjun Bedegung  Muara Enim.

Air terjun bedegung muara enim terletak di Desa Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, Propinsi Sumatera Selatan.

Penamaan air terjun bedegung ini dikarenakan air terjun ini terletak di desa Bedegung dan Masyarakat lokal lebih mengenal air terjun ini dengan sebutan Curug Tenang.

Pesona Air Terjun Bedegung Muara Enim Sumatera Selatan

Selain menyajikan Panorama keindahan air  yang jatuh dari ketinggian dan keindahan pepohonan yang hijau disekelilingnya , tempat ini cocok sekali dijadikan latar belakang untuk foto – foto kita.

Dari pengalaman ketika  masuk kedalam kawasan air terjun bedegung muara enim ini, kita terlebih dahulu harus masuk ke desa Bedegung.

Akses jalan menuju ke air terjun bedegung muara enim ini cukup bagus karena sudah di aspal sehingga kendaraan , baik roda dua atau roda empat akan sangat mudah untuk menuju lokasi air terjun bedegung.

Halaman parkir kendaraan yang tidak begitu jauh dan cukup luas serta aman akan membuat para pemilik kendaraan akan merasa nyaman untuk memarkirkan kendaraan ditempat tersebut.

Ketika kita sudah sudah turun dari kendaraan, maka harus menelusuri jalan setapak yang berkelok dan mendaki untuk menuju ke pusat air terjun bedegung muara enim.Jarak antara tempat lokasi dalam parkir ke Pusat air terjun tidak terlalu jauh.

Namun jika ingin duduk santai sejenak, maka bisa istirahat terlebih dahulu dibawah rindangnya pepohonan yang hijau di dekat halaman parkir. Ketika akan melanjutkan perjalanan menuju pusat air terjun, maka dikanan kiri jalan setapak kita akan disuguhkan pemandangan menarik, seperti air sungai kecil yang mengalir, kolam ikan, pepohonan, pondok kecil, bebatuan yang besar dan lainnya.

Semakin dekat dengan sumber air terjun bedegung, maka telinga kita sudah mendengar gemuruhnya curahan air terjun yang mengucur deras dari ketinggian.

Untuk menuju langsung ke bawah curahan air terjun bedegung muara enim ini, kita terlebih dahulu harus melewati sebuah jembatan yang terbuat dari besi. Jembatan ini berfungsi untuk mengarahkan para pengunjung agar lebih mudah untuk mendekati spot air terjun.

Air terjun bedegung muara enim ini memiliki ketinggian sekitar 99 Meter dengan sumber air yang berasal dari air bukit Barisan. Sehingga walaupun musim kemarau, air terjun ini tetap mengalirkan air dengan deras.

Bebatuan besar yang berada dibawah air terjun membuat pesona air terjun menjadi tambah menarik. Banyak sekali para pengunjung yang bermain air, baik di bawah air terjun maupun di aliran anak sungai yang jernih.Jadi jangan lupa untuk membawa pakaian ganti dari rumah.

Untuk mencari tempat berganti pakaian ketika pakaian kita sudah basah kuyub saat bermain dengan air terjun bedegung , kita bisa menggunakan toilet yang sudah disediakan disana. Jumlah toiletnya cukup banyak , jadi tidak perlu berebut.

Kalaupun kita  ingin mencari makanan juga terbilang mudah, sebab diarea air terjun bedegung banyak penjual makanan dan minuman. Selain makanan dan minuman yang mudah didapatkan, di area jalan masuk ke air terjun juga dijual beraneka ragam oleh – oleh, seperti baju kaos yang bertuliskan “ Air Terjun Bedegung “.

Dari pengalaman  saya  sewaktu perayaan tahun baru beberapa tahun yang  silam, sangat banyak sekali pengunjung atau wisatawan yang berdatangan untuk menikmati keindahan air terjun Bedegung.Baik wisatawan lokal maupun non lokal.

Walau hari sudah sore, saya perhatikan  masih saja banyak pengunjung yang berdatangan. Ini menandakan antusias Masyarakat untuk menikmati pesona Air terjun bedegung sangat besar.

Bagaimana Teman – Teman..? Apakah kalian tertarik untuk melihat langsung keindahan air terjun bedegung di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan ?

(Penulis : Adi Pernata/Kang Nata)

Sharing is caring!