Kalau Mau Sukses, Abaikan Saran Cara Menjadi Sukses Dari Orang Lain

Kalau Mau Sukses, Abaikan Saran Cara Menjadi Sukses Dari Orang Lain

Sukses dan kesuksesan adalah mimpi setiap orang. Dalam bidang apapun, semua orang berharap agar pada akhirnya mereka bisa menggapai apa yang mereka idam-idamkan.

Semua orang ingin sukses.

Oleh karena itulah, sejak masa dahulu kala sampai sekarang berbagai tulisan tentang cara menjadi orang sukses diterbitkan. Bentuknya bisa beragam, mulai dari buku di masa lalu sampai artikel di internet.

Tulisannya pun bervariasi, mulai dari penjelasan teoretis tentang langkah-langkah menjadi orang sukses, sampai dengan tips dan trik agar bisa meraih kesuksesan secepat mungkin.

Semua lahir karena keinginan manusia untuk “sukses” tadi itu.

Dorongan untuk bisa sukses tidak jarang membuat orang kalap dan tidak menyadari bahwa untuk sukses itu bukan butuh saran dari orang luar.

Sun Tzu, seorang filsuf sekaligus jendral asal Tiongkok pernah merumuskan dalam satu kalimat saja tentang bagaimana mencapai kesuksesa.

“Kenali dirimu, kenali musuhmu, dan kamu tidak akan terkalahkan dalam 1000 pertempuran”

 Tidak tepat benar kutipannya, tetapi begitulah kira-kira inti apa yang disampaikannya.

Disana terlihat “Kenali dirimu..”

Dan, disana terlihat sebuah kunci utama bagi siapapun yang mau sukses, yaitu “mengabaikan semua saran dari orang lain tentang cara meraih kesuksesan”.

Loh?

Iya, karena saran itu tidak dibuat oleh orang yang mengenali diri kita. Penulisnya tidak kenal siapa kita, lalu bagaimana mereka bisa memberi saran supaya kita bisa sukses?

Tidak mungkin.

Tulisan tentang cara meraih kesuksesan memang akan membawa SUKSES, tetapi bukan bagi kita, tetapi bagi penulisnya. Ia memanfaatkan keinginan dasar manusia untuk bisa sukses untuk menjual ide saja.

Dengan begitu, ia mendapatkan ketenaran dan kesuksesan versi dirinya. Bukan versi kita.

Apakah sarannya akan terbukti membawa diri kita menjadi orang sukses? Mereka tidak akan peduli.

Dalam dunia yang dikuasai prinsip homo homini lupus (manusia adalah serigala bagi manusia lainnya), yang terpenting bagi para penulis bukanlah kesuksesan pembacanya. Keberhasilan dirinya lah yang menjadi dasar.

Satu-satunya cara untuk seseorang bisa sukses adalah dengan cara mengenali diri sendiri, mengalami sendiri prosesnya, belajar, dan bekerja keras.

  • Dengan mengenali diri sendiri, kita akan tahu cara memanfaatkan kelebihan yang kita punya dan saat bersamaan mengurangi efek dari kekurangan yang ada
  • Dengan mengalami prosesnya sendiri, kita akan belajar tentang banyak hal dan kemudian menemukan solusinya
  • Dengan belajar, kita bisa menemukan solusi dan mencoba melahirkan ide-ide baru
  • Dengan bekerja keras, maka kita bisa mendapatkan hasil yang diinginkan

Dan semua itu akan memberikan pengetahuan yang sangat spesifik yang tidak bisa diberikan oleh siapapun, termasuk motivator terkenal sekalipun. Pengetahuan tentan siapa diri kita, apa yang kita mau, dan cara kita melakukannya.

Sesuatu yang hanya bisa didapatkan oleh kita dan bagi diri kita sendiri yang biasanya hanya berbekal teori mereka tentang cara mencapai kesuksesan saja.

Jadi, yang terbaik kalau memang mau sukses, langkah pertamanya adalah dengan mengabaikan saran orang lain tentang cara menjadi sukses.

Temukan jalan Anda sendiri.

Sharing is caring!