Apa Sih Istilah Staycation Itu ? Apa Bedanya Dengan Vacation ?

Apa Sih Istilah Staycation Itu ? Apa Bedanya Dengan Vacation ?

Pernah dengar istilah “staycation” ? Kalau Anda seorang pembaca blog, kata ini mungkin pernah mampir di blog yang pernah Anda baca.

Biasanya travel blogger atau blogger perempuan sering sekali menggunakan istilah yang satu ini terutama saat mereka sedang berlibur ke sebuah tempat, misalkan menginap di hotel di kota sendiri.

Tapi, sebenarnya apa sih maknanya? Lalu apa bedanya dengan “vacation (liburan)”?

Jawabannya, ternyata sama saja.

Staycation adalah salah satu bentuk dari vacation atau berlibur. Istilah ini dikenal juga dengan nearcation atau holistay.

Bedanya terletak pada cakupan wilayahnya saja.

Vacation atau berlibur adalah istilah yang lebih luas. Seorang yang melakukan vacation bisa saja berlibur ke luar negeri. Sementara, kalau staycation biasanya berlibur di wilayah yang dekat dengan rumah, bahkan biasanya dilakukan tanpa menginap di suatu tempat.

Kata staycation sendiri merupakan gabungan dari dua kata “stay (tinggal)” dan “vacation (liburan)”. Jadi, kalau diterjemahkan liburan tapi tidak kemana-mana (alias tidak jauh).

Oleh karena itu maknanya mirip dengan nearcation = near (dekat), vacation (liburan) atau liburan yang dekat-dekat saja, atau holistay (holiday=liburan, stay=tinggal).

Istilah ini lahir pertama kali muncul dalam sebuah artikel karangan Terry Massey di Sun Times. Sejak itu kepopulerannya bertambah dan dipergunakan secara luas.

Hal itu terjadi karena Amerika Serikat pada masa itu sedang menghadapi krisis keuangan akibat tingginya harga minyak bumi yang membuat ongkos perjalanan menjadi mahal sekali.

Banyak orang kemudian harus terpaksa mengencangkan ikat pinggang untuk melakukan perjalanan. Meskipun mereka tetap berlibur, mereka hanya pergi ke destinasi wisata yang ada di dekat lokasi rumah mereka saja, seperti kolam renang, taman bermain, atau bahkan berlibur di rumah sendiri.

Dengan begitu mereka bisa tetap menikmati liburan tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar untuk perjalanan dan akomodasi.

Belakangan ini istilah ini banyak dipakai oleh blogger Indonesia saat mereka sedang berlibur di kota mereka sendiri. Mereka tinggal atau berlibur di hotel yang sebenarnya juga berada dalam kota yang sama atau tidak jauh dari rumah sendiri.

Nah, jadi kalau Anda sedang cuti dan berlibur di rumah sendiri, atau berjalan-jalan ke tempat hiburan di kota sendiri, sebenarnya Anda sedang melakukan staycation atau vacation.

Sharing is caring!