Wikihow : Menjadi Terkenal Dan Kaya Dengan Berbagi Pengetahuan Remeh Temeh

 Terkenal Dan Kaya Dengan Berbagi Pengetahuan Remeh Temeh

Pernah berkunjung ke website Wikihow ? Beda loh dengan Wikipedia atau wikimedia. Website yang satu ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan kedua website yang disebut terakhir Pendirinya berbeda.

Memang, keduanya sama-sama menggunakan kata Wiki di depannya dan keduanya juga berbagi informasi dan pengetahuan. Tetapi, ada selain dari pemiliknya, gaya keduanya berbeda.

Jika Wikipedia berbagi pengetahuan dengan gaya teoretis ala sekolahan dimana tulisannya dibuat dengan gaya yang serius, Wikihow hanya berbagi pengetahuan-pengetahuan kecil dan remeh saja.

Jika Anda pernah membuka website itu, maka akan banyak ditemukan tulisan yang membuat Anda heran. Bagaimana tidak? Disana ada tulisan tentang “Bagaimana memandikan anjing” atau “Bagaimana mengetahui seorang gadis suka kepada Anda”.

Memang, Wikihow memakai konsep “How-To” dalam penulisan, atau “Cara untuk ..”.

Topik-topik sederhana dalam keseharian yang tidak akan pernah masuk ke Wikimedia dapat ditemukan disana. Banyak topik yang berasal dari kehidupan sehari-hari dan dianggap tidak penting sama sekali untuk dibahas.

Tetapi, hal-hal remeh temeh seperti inilah yang menjadikan Jack Herrick, sang pendirinya menjadi jutawan.

Tercatat sampai sekarang, setidaknya 35,5 juta orang perhari yang menemukan tulisannya melalui mesin pencari. Sebuah hal yang tidak sulit mengingat ada setidaknya 212 ribu tulisan “Cara untuk” di dalam website ini yang jelas akan membantu mendapatkan trafik pengunjung.

Ketenaran inilah yang membuat website yang lahir Januari 2005 membawa pendirinya menjadi orang terkenal dan kaya dari pendapatan iklan.

Jack, lulusan Stanford Univerity tahun 1991 ini, salah satunya menggunakan periklanan Adsense dari Google untuk mendapatkan penghasilan dari websitenya, sama seperti blog Umum Sekali (cuma beda nasib saja).

Nah, kata siapa membahas hal-hal kecil nan remeh tidak akan bisa menghasilkan hal besar. Wikihow mengajarkan bahwa hal yang dianggap tidak penting dan remeh tetap bisa menjadi sesuatu yang besar kalau diolah dengan baik dan benar.

Iya kan?

Sharing is caring!