10 Tingkah Laku Menyebalkan Penumpang Yang Biasa Ditemukan Di Commuter Line

Tingkah Laku Menyebalkan Penumpang DDi Commuter Line

Menggunakan Commuter Line, nama keren KRL Jabodetabek, itu menyenangkan. Murah dan cukup terpercaya. Terlebih lagi berarti bisa menghindari kemacetan yang rutin terjadi kawasan Kabodetabek itu.

Sayangnya, terkadang kenyamanan itu dirusak oleh berbagai tingkah laku menyebalkan yang dilakukan penumpang Commuter Line sendiri. Ada banyak tindakan mereka yang kerap membuat bete dan tidak nyaman penumpang lainnya.

Beberapa yang kerap dilakukan oleh penumpang tak tahu aturan ini bisa disebutkan sebagai berikut

1. Duduk di lantai

Sudah ada tanda larangan di dalam kereta, tetapi tidak sedikit penumpang egois yang tetap memaksakan untuk duduk di lantai kereta, bahkan saat penumpang penuh sesak.

Duduk di lantai kereta memakan tempat penumpang lain yang berdiri dan tidak seharusnya dilakukan. Kalau ketahuan petugas, maka yang duduk harus menanggung malu karena akan diminta berdiri.

2. Makan Dan Minum

Selama perjalanan, penumpang dilarang makan dan minum, kecuali dalam situasi tertentu, seperti di bulan Ramadhan dimana penumpang diberi dispensasi saat berbuka datang.

Sayangnya, entah karena mereka buta huruf atau simbol, atau juga terlalu egois dan tidak peduli orang lain, masih banyak penumpang tak beradab makan dan minum seenaknya di atas kereta.

3. Membuang sampah 

Masih banyak sekali ditemukan penumpang malas dan tak tahu aturan yang dengan seenaknya membuang sampah sembarangan. Alhasil, kereta yang tadinya bersih banyak dikotori oleh sampah yang mereka buang

4. Berbicara keras-keras

Biasanya dilakukan oleh kelompok penumpang. Mereka bercanda dengan suara yang keras dan kadang mempergunakan bahasa yang kurang sopan.

Menyebalkan kalau kebetulan berdiri di dekat penumpang yang seperti ini.

5. Tidak Punya Empati

Ada 4 kategori penumpang berkebutuhan khusus, lansia, ibu hamil, ibu membawa balita, dan penyandang cacat. Sudah seharusnya demi kemanusiaan, jika ada penumpang yang masuk kategori ini mereka diberikan prioritas mendapatkan tempat duduk.

Sayangnya, banyak yang tidak punya empati. Mereka tidak mau dan sering berpura-pura tidur atau sibuk dengan gadgetnya untuk mengabaikan.

Untungnya sekarang banyak penumpang yang sudah sadar dan mereka kerap membantu dengan meneriaki penumpang tak tahu diri ini untuk bangun dan memberikan tempat duduk

6. Penumpang tak sopan

Masih banyak kasus adanya penumpang tidak sopan yang memanfaatkan kondisi kereta yang penuh sesak untuk melaksanakan aksi tak senonoh mereka.

Sudah berkurang kasus yang terjadi, tetapi tetap saja ada.

7. Ibu / Bapak yang tidak bisa mengasuh anak

Banyak penumpang yang bersedia memberikan tempat duduk kalau melihat seorang ibu atau bapak membawa anak. Mereka sadar beratnya membawa anak dalam perjalanan.

Sayangnya, terkadang, sang ibu dan bapak rupanya tidak mengajarkan anaknya sopan santun dengan baik. Ada dari mereka yang membiarkan anaknya naik ke kursi memakai sepatu, bergelantungan, dan banyak lagi tingkah lainnya yang mengganggu penumpang lain

8. Penumpang malas

Tidak sedikit penumpang yang malas. Mereka tidak mau berusaha mencari pegangan selama perjalanan dan memilih bersandar pada orang lain.

Hasilnya, penumpang yang disandari merasa berat karena beban tubuh penumpang ini harus ditanggungnya juga.

Tidak jarang menimbulkan keributan akibat rasa kesal disandari.

9.  Duduk mengangkang

Tempat duduk di kereta itu harus dibagi dan diisi sebanyak mungkin penumpang. Cuma, terkadang ada makhluk egois yang tidak peduli sekitar dan duduk mengangkang sehingga tempat yang seharusnya bis adipakai 2 orang menjadi hanya untuk dirinya sendiri.

Pengen getok kalau lihat yang seperti ini.

10. Booking tempat duduk

Ini kebiasaan lama di zaman KRL Jabodetabek, sudah jarang ditemukan sekarang, tetapi masih ada. Pelakunya biasanya sebuah kelompok.

Orang pertama yang datang akan mem”booking” tempat duduk dengan cara menempatkan tas atau benda apapun di kursi kosong di sekitarnya. Kalau ada yang mau menempati mereka akan bilang bahwa itu untuk teman-temannya.

Padahal, tempat duduk di kereta itu untuk yang siapa cepat dia dapat.

Tentu masih ada tingkah laku penumpang yang menyebalkan lainnya di Commuter Line, seperti yang berniat jahat untuk mencopet. Cuma yang seperti ini masuk ranah kriminal dna bukan sosial budaya.

Nah, kira-kira dari 10 di atas, mana yang pernah Anda lihat? (Atau Anda lakukan?)

Sharing is caring!