Kalau Ingin Pekerjaan Sesuai Dengan Keinginan, Kerjakan Sendiri

Napoleon Bonaparte, sang panglima perang Perancis pada awal abad ke-19 pernah berkata :

If you want a thing done well, do it yourself

Artinya, kalau ingin sebuah pekerjaan dilakukan sesuai dengan keinginan kita, kerjakan sendiri.

Sudah pasti itu.

Kenyataannya sederhana, manusia tidak akan bisa membaca apa yang ada di pikiran orang lain. Meskipun yang punya keinginan sudah memberikan perintah atau petunjuk secara detail, tetap saja tidak akan bisa 100% sampai sesuai yang dimau.

Ada banyak hambatan. Coba saja bermain rantai kata. Lima orang saja cukup. Berikan sebuah kalimat pada orang pertama, kemudian suruh ia menyampaikan pada orang kedua. Lalu orang kedua harus menyampaikan apa yang didengarnya dari orang pertama kepada orang ke-3. Terus lanjutkan hingga orang terakhir atau ke-5.

Lalu mintalah orang kelima menyebutkan pesan apa yang diterimanya dari orang sebelumnya, orang ke-4.

Kemungkinan besar, pesan yang disampaikannya akan berbeda dengan yang diterima orang pertama. Mungkin intinya sama, tetapi tidak akan persis sama 100%.

Itu hanya menunjukkan sebuah kenyataan, kalau apapun yang kita sampaikan pada orang lain , ada kemungkinan akan diterjemahkan berbeda.

Begitu juga dalam melakukan pekerjaan, perintah seorang direktur kepada manajer belum tentu sampai seratus persen ke operator di level bawah.

Jadi, kalau memang ingin pekerjaan menghasilkan sesuatu yang seratus persen sama dengan keinginan kita, kerjakan sendiri. Kalau tidak, berilah toleransi selama hasilnya tidak melenceng terlalu jauh.

If you want a thing done well, do it yourself
Read more at: http://www.brainyquote.com/quotes_of_the_day.html

If you want a thing done well, do it yourself
Read more at: http://www.brainyquote.com/quotes_of_the_day.html

+ posts